5 Cara Mudah dan Efektif Meningkatkan Konsentrasi


konsentrasi dalam pekerjaan

Setiap hari, kita selalu dihadapkan dengan berbagai aktivitas, mulai dari sekolah, bekerja, berkendara dan berbagai jenis aktivitas lainnya. Tentunya untuk mengerjakan semua aktivitas tersebut kita harus tetap fokus dan konsentrasi agar semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik sebagaimana mestinya.

Namun terkadang seiring dengan berjalannya waktu, konsentrasi kamu mungkin akan teralihkan oleh berbagai hal, seperti mengecek pesan masuk ponsel, bermain sosial media, atau mengobrol bersama teman. Hal tersebut menjadikan otak banyak bekerja dalam waktu singkat. Alih-alih fokus pada satu hal, kamu justru beranjak dari satu tugas ke tugas lainnya, yang mengakibatkan pekerjaan yang seharusnya selesai tepat waktu, namun malah menjadi tertunda karena kamu kehilangan konsentrasi.

Itulah mengapa konsentrasi di berbagai situasi sangat penting. Sebab, konsentrasi merupakan kemampuan fokus dalam berpikir dalam satu hal, objek, atau pikiran lain dan dalam waktu bersamaan, serta mengabaikan hal lainnya yang tidak berkaitan sama sekali dengan apa yang saat ini kita kerjakan.

Selain karena faktor lingkungan sekitar, berkurangnya kemampuan konsentrasi umumnya juga diakibatkan oleh penambahan usia. Namun demikian, bukan berarti kamu harus pasrah menerima kondisi tersebut. Karena kamu masih bisa meningkatkan daya konsentrasi dengan berbagai cara, salah satunya yaitu dengan menjalani pola hidup sehat.

Berikut ini beberapa cara mudah dan efektif meningkatkan konsentrasi dengan pola hidup sehat:

1. Perhatikan asupan nutrisi

Pola hidup sehat untuk meningkatkan daya konsentrasi yang pertama tentu saja selalu perhatikan asupan nutrisi yang cukup. Perlu diketahui, otak kita membutuhkan asupan vitamin dan mineral agar dapat menjaga kemampuan konsentrasi yang lebih baik.

Vitamin B sangat baik untuk meningkatkan daya konsentrasi. Jenis vitamin ini dapat dengan mudah dijumpai di kuning telur, beberapa olahan keju, selada air, ikan, sayuran dan buah-buahan.

Sedangkan magnesium adalah sumber mineral yang baik pula untuk meningkatkan daya konsentrasi. Sumber magnesium ini dapat dengan mudah kita temukan di bayam, gandum utuh, kacang polong, coklat murni dan kerang.

Selain itu, kebutuhan nutrisi dan mineral juga dapat ditemukan di Berocca Performance. Berocca Performance merupakan suplemen makanan berbentuk tablet effervescent dengan rasa jeruk.

Dalam Berocca Performance, terdapat kandungan 12 vitamin termasuk vitamin B kompleks, mineral esensial dan zinc yang sudah teruji secara klinis dapat membantu meningkatkan kemampuan konsentrasi serta menjaga performa kamu agar siap untuk menghadapi berbagai aktivitas.

2. Rutin berolahraga

Berolahraga secara rutin dan dilakukan dengan benar dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi seseorang.

Salah satu manfaat berolahraga bagi kesehatan otak yaitu melancarkan sirkulasi darah didalam tubuh dan meningkatkan suplai darah ke otak, mengurangi resistensi insulin, mendorong perkembangan sel syaraf yang baru, hingga merangsang pelepasan zat biokimiawi yang berpengaruh buruk pada kesehatan otak.

Disarankan untuk berolahraga ringan seperti berjalan kaki, berlari, atau senam ringan selama kurang lebih 30 menit setiap harinya.

3. Rutin melatih otak

Selain memperhatikan asupan nutrisi dan rutin berolahraga, otak juga perlu dilatih agar kemampuan daya konsentrasinya tetap terjaga.

Kamu bisa melatih otak kamu dengan berbagai permainan yang merangsang daya ingat dan konsentrasi, seperti bermain catur, mengisi teka-teki silang, bermain puzzle, ataupun bermain alat musik.

4. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup sangat dianjurkan dalam menjaga fokus dan kemampuan konsentrasi. Istirahat yang cukup juga akan membuat tubuh terasa bugar dan terhindar dari stres.

Untuk itu, disarankan agar beristirahat dengan tidur selama 7–9 jam. Sebab, tidur yang berkualitas juga dapat membantu untuk lebih fokus dan mempelajari sesuatu hal yang baru.

5. Lakukan meditasi

Kegiatan meditasi terbukti dapat meningkatkan kesehatan otak dan konsentrasi. Tujuan utama meditasi adalah dengan cara memusatkan pikiran pada satu hal tertentu, sehingga pikiran menjadi lebih fokus pada satu tujuan.

Namun perlu diperhatikan, meditasi tidak mesti harus duduk berdiam sambil memejamkan mata. Ada berbagai macam cara mudah meditasi yang dapat kamu coba dan disesuaikan dengan minat masing-masing, contohnya seperti melakukan pernapasan dalam atau pelatihan yoga adalah cara meditasi yang bisa dicoba.

Nah, itulah beberapa cara meningkatkan konsentrasi dalam beraktivitas sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Pentingnya Asuransi Jiwa Bagi Generasi Milenial

Indra DP

Android enthusiast dan penikmat rebahan. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.

Post a Comment (0)