5 Cara Ampuh Meningkatkan Engagement Instagram


Engagement Instagram

Saat ini, sosial media menjadi media yang paling banyak digunakan oleh pelaku bisnis online untuk meningkatkan brand awareness serta menjalin hubungan dengan para customer.

Salah satu platform yang diminati oleh pebisnis online untuk melakukan kegiatan tersebut adalah Instagram. Dan salah satu kunci keberhasilan sosial marketing di Instagram adalah tingginya engagement rate.

Tapi apa itu engagement rate? engagement rate adalah sebuah metriks dasar yang digunakan dalam pemasaran sosial marketing untuk mengukur kinerja sebuah konten pada platform media sosial.

Sedangkan untuk mengukur engagement Instagram bisa dilihat dari interaksi di akun Instagram berupa banyaknya viewers, likes, comment, dan share.

Namun, memanfaatkan Instagram untuk sosial marketing tentu tidaklah mudah. Kamu harus menciptakan engagement yang baik agar dapat mengembangkan strategi marketing.

Berikut ini adalah 5 cara ampuh meningkatkan engagement Instagram:

1. Rajin memposting konten baru

Cara pertama untuk meningkatkan engagement Instagram adalah usahakan agar kamu sering memposting konten baru di Instagram.

Sebab, salah satu hal yang dipertimbangkan oleh algoritma Instagram adalah postingan yang baru. Jadi semakin sering membuat postingan baru, semakin besar kemungkinan mendapatkan engagement yang tinggi.

Oleh karena itu, konsistensi dalam memposting adalah kunci utama. Bila diperlukan, kamu bisa membuat jadwal untuk memposting konten yang baru, seperti pagi, siang, dan malam.

2. Buat postingan yang menarik

Pengguna Instagram suka sekali dengan konten yang menarik. Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkannya untuk selalu membuat postingan yang menarik guna meningkatkan engagement Instagram.

Pikirkan konten apa saja yang sekiranya dapat menarik perhatian audiens. Contohnya, konten dalam bentuk infografik, perbandingan, pertanyaan, ataupun bisa juga konten yang sedang trending saat itu.

Meskipun begitu, usahakan konten yang kamu buat tentunya harus orisinil dan tidak meniru dari pihak lainnya.

3. Gunakan hastag pada setiap postingan

Menggunakan hastag didalam postingan juga dapat meningkatkan engagement Instagram lho. Sebab, jika kamu menggunakan hastag, maka kemungkinan besar postingan kamu dapat dilihat oleh semua pengguna di dunia, bahkan pengguna yang bukan followers-mu.

Oleh karena itu, pastikan kamu untuk selalu memberikan hastag dalam setiap postinganmu. Dan satu lagi, pastikan pula menambahkan hastag yang sesuai dengan postingan yang ditampilkan.

4. Maksimalkan fitur Instagram Story

Instagram telah menyediakan berbagai fitur yang dapat meningkatkan engagement. Salah satu fitur yang semakin banyak diminati oleh pengguna Instagram adalah Instagram Story.

Ya, meskipun Story yang kita buat akan otomatis hilang setelah 24 jam, namun kamu bisa memanfaatkan fitur Story tersebut untuk berinteraksi dengan followers dengan cara membuat Q&A, vote, dan bisa memberikan pengumuman kalau ada postingan baru yang diunggah.

5. Selalu berinteraksi dengan audiens

Tips terakhir untuk meningkatkan engagement di Instagram adalah selalu berinteraksi dengan audiens.

Jika followers-mu sudah mencapai ratusan hingga ribuan, tentunya mereka akan sering berkomentar di postingan Instagram-mu.

Jadi itu saat yang tepat untuk meluangkan waktumu untuk berinteraksi dengan membalas komentar mereka satu per satu, entah itu menjawab pertanyaan dari mereka ataupun membalas dengan komentar santai.

Untuk menarik perhatian followers agar mau berkomentar di postingan Instagram kita tentunya juga tidak mudah. Kamu harus membuat postingan semenarik mungkin agar dapat menarik perhatian followers agar mau berkomentar.

Nah jika itu dirasa cukup merepotkan, kamu bisa mencoba jasa meningkatkan engagement Instagram dari RajaKomen.com yang menyediakan komunitas komentator dalam rangka memberikan yang terbaik untuk advertiser.

Untuk menggunakan jasa dari RajaKomen.com juga sangat mudah. Nantinya kamu cukup isi form pendaftaran dan verifikasi akun via email. Kemudian silakan setor deposit minimal Rp. 100.000. Setelah itu, kamu bisa membeli komentar untuk akun Instagram milikmu.

Nantinya pemilik akun Instagram akan mendapatkan komentar dan review positif dari para komentator. Jangan khawatir, para komentator dari RajaKomen.com adalah mereka yang sudah terverifikasi dan benar-benar manusia, bukan bot.

Nah itulah 5 cara ampuh meningkatkan engagement Instagram. Silakan dicoba dan semoga bermanfaat.

Indra DP

Android enthusiast dan penikmat rebahan. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.

Post a Comment (0)