--> Skip to main content

Ini 13 Wilayah di Indonesia Akan Pertama Dapat Jaringan 5G

 

5G

Ada kabar gembira bagi kamu yang menantikan kehadiran 5G. Ya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah mengumumkan akan ada 13 wilayah di Indonesia yang bakal pertama mencoba  jaringan 5G. Ketentuan tersebut tertera dalam Peraturan Menteri Nomor 2 Tahun 2021 tentang Rencana Strategi Kominfo.

Rencananya, wilayah yang akan mendapatkan akses pertama 5G adalah enam ibukota provinsi di Pulau Jawa. Yakni Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Yogyakarta.

Adapun dipilihnya 6 Ibu Kota Provinsi di pulau Jawa sebagai pilot project tahap awal implementasi 5G adalah karena keenam lokasi tersebut dianggap layak, baik dari sisi potensi pasar maupun dukungan infrastruktur.

Selain keenam Ibu Kota Provinsi tersebut, Implementasi awal jaringan internet generasi ke-5 ini juga akan dihadirkan di Ibu Kota Negara (IKN), satu wilayah industri manufaktur, serta lima destinasi wisata super prioritas. Yakni, Labuhan Bajo (NTT), Mandalika (NTB), Danau Toba (Sumatera Utara), Likupang (Sulawesi Utara), dan Borobodur (Jawa Tengah).

Proses implementasi 5G tahap awal ini ditargetkan akan rampung pada 2024 mendatang. Lalu setelahnya jaringan 5G akan diperluas sesuai dengan permintaan di wilayah lain.

Indra DP
Indra DP

Seorang opreker Android yang hobi rebahan. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.