--> Skip to main content

Tema Gelap Kini Hadir untuk Google Maps Android


dark mode Google Maps

Kabar gembira bagi pengguna Google Maps di Android, ya, setelah sempat diuji coba pada September 2020 lalu, kini Google akhirnya resmi menggulirkan fitur dark mode atau mode gelap di aplikasi Maps untuk Android.

Mode gelap di Google Maps ini bakal mengubah latar belakang peta menjadi berwarna paling gelap, sedangkan gambar jalanan akan ditampilkan dengan warna abu-abu yang sedikit lebih terang.

Sedangkan untuk icon,teks nama jalan, dan pin tetap bisa terlihat dengan jelas mskipun mode gelap diaktifkan, sebab beberapa elemen tersebut memiliki warna yang lebih cerah.

Nantinya, pengguna dapat mengaktifkan fitur dark mode di Google Maps bisa dipilih melalui menu baru yang ada di halaman Settings.

Di menu tersebut terdapat tiga opsi tampilan yang ditawarkan, yakni "Always in Light theme", "Always in Dark theme", dan "Same as device theme (default)".

Jika pengguna memilih "Always in Light theme" maka Google Maps hanya akan menampilkan peta dalam mode terang. Sementara jika memilih "Always in Dark theme" maka Maps akan menampilkan mode gelap. Sedangkan opsi "Same as device theme", Google Maps akan menyesuaikan mode gelap atau terang sesuai tema bawaan yang diatur pada ponsel.

Fitur dark mode di Google Maps ini sudah mulai digulirkan di sejumlah perangkat. Namun untuk pengguna di Indonesia, sepertinya untuk saat belum mendapatkan update terbaru tersebut. Jadi kita tunggu saja dalam beberapa hari kedepan.

Indra DP
Indra DP

Seorang opreker Android yang hobi rebahan. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.