Skip to main content

Aneka Material yang Digunakan Sebagai Office Partition


Office Partition

Anda yang bekerja di kantor tentu sudah paham jika kantor ruangan terbuka memerlukan sekat pemisah untuk membuat ruangan tersebut muat diisi banyak orang. Sekat tersebut dikenal juga sebagai office partition yang biasanya terbuat dari material yang cukup tebal dan kuat. Meskipun kuat, tapi material apa saja yang sering digunakan?

Bahan-bahan yang digunakan sebagai sekat


Sebagai pemisah, tentu saja bahan penyekat kantor haruslah berkualitas, bagus dan tahan lama. Namun, selain itu juga harus memiliki harga yang terjangkau. Di pasaran sendiri terdapat beberapa material yang biasa digunakan. Berikut beberapa contohnya:

1.Gipsum


Bahan ini kerap digunakan sebagai sekat karena harganya yang relatif murah serta cukup ringan sehingga mudah dipasang oleh petugas. Selain itu, material gipsum juga telah lama dikenal tahan terhadap api sehingga cocok dipasang di tempat yang rentang mengalami kebakaran.

Akan tetapi,selain memiliki kelebihan material ini juga memiliki kekurangan yaitu rentan terhadap air sehingga lebih cocok dipakai di ruangan yang kering. Sebagai contoh adalah material ini bisa dijadikan sekat sementara di rumah sakit untuk mengurangi penyebaran Covid-19.

2. Glass Reinforced Concrete (GRC)


Material ini sekilas cukup mirip dengan gipsum. Namun, selain tahan api material ini juga tahan terhadap air sehingga bisa penggunaannya bisa lebih luas. GRC sendiri sebenarnya merupakan campuran antara semen dengan fiber sehingga cukup kuat dan tebal.

Sayangnya, material ini memiliki harga yang cukup mahal. GRC sendiri saat ini lebih banyak digunakan di area indoor karena memiliki berbagai motif yang unik serta outdoor karena tahan terhadap kelembaban.

3. Kayu


Material kayu merupakan yang paling umum digunakan sebagai penyekat. Kayu banyak dipilih karena selain mudah diperoleh, kayu juga mudah dibentuk serta memiliki karakteristik sendiri yang membuatnya cukup unik. Hal itu membuat sekat nantinya akan memiliki tampilan yang elegan dan estetik.

4. Kaca


Bahan kaca sudah sangat sering digunakan sebagai partisi. Hal ini dikarenakan material kaca akan membuat ruangan tampak lebih luas. Selain itu, bahannya yang bening dan tembus pandang membuat Anda bisa dengan mudah memperhatikan pekerja lain sehingga mudah diawasi.

5. Aluminium


Material aluminium merupakan material yang sangat fleksibel dan serbaguna. Material ini bisa dikombinasikan dengan ketiga bahan lainnya sehingga bisa menciptakan desain yang lebih elegan, modern dan kuat. Selain memiliki harga yang cukup terjangkau, aluminium juga cukup ringan sehingga mudah dipasang.

Akan tetapi, jika pun Anda ingin membuat partisi yang terbuat dari aluminium sepenuhnya maka hal tersebut bukanlah hal yang buruk. Sebab selain lebih ringan, sekat tersebut juga mudah dibongkar pasang dan sangat awet sehingga bisa meminimalisir pengeluaran kantor.

Memilih sekat kantor terbaik


Meskipun terlihat sepele tapi sekat kantor memiliki fungsi yang cukup penting. Salah satunya adalah membantu konsentrasi pekerja. Kantor yang diberi sekat sebenarnya juga bertujuan agar pegawainya lebih bisa fokus bekerja dan tidak gampang terdistraksi dengan yang lain.

Oleh sebab itulah kenapa pemilihan material sekat sebaiknya dipikirkan matang-matang. Usahakan pikirkan berdasarkan kebutuhan kantor, dana yang Anda miliki serta kenyamanan pegawai. Sekat yang terbuat dari material berkualitas dan memiliki tampilan yang estetik tentu saja akan lebih disukai pegawai Anda.

Terakhir dan yang paling penting adalah memilih perusahaan furniture berpengalaman yang memiliki produk terbaik. Perusahaan yang benar-benar berkualitas biasanya selalu konsisten dalam melayani pelanggan. Salah satunya adalah dengan menyediakan produk custom untuk pelanggannya.

Salah satu perusahaan yang patut direkomendasikan adalah arkadiafurniture.co.id. Perusahaan ini konsisten menyediakan berbagai model office partition terbaik dengan harga kompetitif. Selain itu, perusahaan lokal satu ini juga sudah sangat terkenal sehingga Anda tidak perlu ragu lagi membeli disana. Jaminan produk terbaik dengan harga yang bersaing.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.