Skip to main content

Mengenal Teknologi WAP: Fungsi, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangannya


Teknologi WAP

Jika kamu pengguna internet, pernahkah kamu mendengar istilah WAP? Ya, WAP atau disebut juga dengan istilah Wireless Application Protocol merupakan spesifikasi untuk seperangkat protokol komunikasi untuk menstandarisasi cara perangkat nirkabel, seperti telepon seluler, agar dapat digunakan untuk mengakses internet termasuk e-mail, website, hingga chatting dan lain sebagainya.

WAP merupakan standar teknis untuk mengakses informasi melalui jaringan nirkabel seluler. Teknologi WAP inilah yang kita gunakan pada ponsel dan smartphone kita untuk dapat mengakses halaman website.

Jadi, adapun fungsi utama WAP adalah digunakan untuk mengaktifkan akses internet di perangkat nirkabel seperti smartphone dan lain sebagainya.

Komponen Utama WAP

Terdapat tiga bagian utama dalam akses WAP, yaitu:
  1. Perangkat wireless yang mendukung WAP, seperti ponsel dan lain sebagainya.
  2. WAP Gateway sebagai perantara.
  3. Server sebagai sumber dokumen dari sebuah website, dokumen ini bisa berupa HTML maupun WML.
Cara kerja WAP

Sebelum membahas tentang cara kerja WAP, perlu diketahui bahwa dokumen yang berada dalam website umumnya berbentuk HTML ataupun WML.

Untuk dokumen HTML sebelum dibaca melalui web browser, diterjemahkan terlebih dulu oleh WAP Gateway agar dapat menyesuaikan dengan perangkat WAP. Sedangkan untuk dokumen WML khusus ditampilkan melalui browser dari perangkat WAP.

Cara kerja teknologi WAP

Seperti contohnya saat kamu mengunjungi website sbobet Indonesia yang menggunakan teknologi WAP di https://103.102.46.165 melalui web browser di ponsel. Sebelum website tersebut dibaca melalui browser, WAP diterjemahkan terlebih dahulu oleh WAP Gateway agar dapat menyesuaikan dengan perangkat WAP. Saat ponsel ingin meminta sebuah informasi yang ada di server, ponsel ini harus melewati WAP Gateway terlebih dahulu.

Proses pengiriman informasi dari ponsel ke WAP Gateway tersebut diproses dengan menggunakan jaringan komunikasi nirkabel atau yang biasa dikenal dengan wireless. Namun terdapat kekurangan pada teknologi wireless ini, yaitu masih memiliki bandwidth yang kecil.

Kecilnya bandwidth tersebut tidak akan cocok jika untuk dipergunakan dalam memproses informasi melalui Protokol HTTP berfungsi untuk mengatur pengiriman informasi dari client menuju server. Untuk mengatasi hal tersebut maka diciptakanlah WAP Gateway.

WAP Gateway berfungsi untuk meneruskan permintaan informasi dari perangkat ponsel menuju server melalui HTTP Request ataupun sebaliknya dari server menuju ponsel lewat HTTP Respons.

Kelebihan dan Kekurangan WAP

Kelebihan WAP:
  1. Memiliki jaringan yang independen. Ini karena WAP mendukung sebagian besar jaringan nirkabel, diantaranya GSM, CDMA, CDPD, PDC, PHS, TDMA, FLEX, ReFLEX, iDEN, TETRA, DECT, DataTAC, dan Mobitex.
  2. Teknologi WAP sudah diadopsi dari hampir 95% produsen ponsel di dunia dengan memanfaatkan Wireless Internet Access yang diimplementasikan dalam seluruh frekuensi.
  3. WAP termasuk dalam standar protokol dalam aplikasi WAP browser yang juga terdapat pada beberapa sistem operasi populer, seperti Windows, Android, Java OS dan lain-lain.
  4. Lebih fleksibel di berbagai perangkat dan pengoptimalan internet.
  5. Dapat dirancang dengan mempertimbangkan keterbatasan perangkat dan jaringan seluler.
  6. Berguna untuk aplikasi pada perangkat seluler yang memiliki kemampuan pemrosesan, kapasitas memori, dan daya baterai terbatas.
  7. Dapat juga mengirim dan menerima data secara real-time.
Kekurangan WAP:
  1. Sulitnya konfigurasi layanan WAP pada perangkat ponsel.
  2. Keterbatasan pada kecepatan koneksinya.
Nah, itulah pengertian mengenai teknologi WAP, fungsi, cara kerja beserta kelebihan dan Kekurangannya. Semoga dapat menambah wawasan kamu tentang teknologi internet yang semakin berkembang ini.


Indra DP
Indra DP

Seorang Freelance Graphic Designer dan Blogger. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.

Buka Kolom Komentar
Tutup Kolom Komentar