Skip to main content

Vivo APEX 2020 Resmi Diperkenalkan dengan Kamera “Gimbal” dan Layar Lengkung 120 Derajat


Vivo APEX 2020

Di penghujung Februari, Vivo kembali memperkenalkan concept smartphone terbarunya, yakni Vivo APEX 2020. Ponsel konsep ini membawa serangkaian inovasi terkini yang dikembangkan oleh tim R&D Vivo.

Salah satu inovasi yang dibawa oleh APEX 2020 ini adalah desain layar “FullView Edgeless Display” yang bagian tepi layar didesain melengkung hingga 120 derajat. Sedangkan layar APEX 2020 ini sendiri berukuran 6,45 inchi beresolusi Full HD+.

Untuk kebutuhan selfie, APEX 2020 dibekali teknologi kamera depan beresolusi 16 MP yang disembunyikan di belakang panel layar.

Selain itu tombol-tombol fisik yang biasanya terletak di pinggir perangkat pun juga dihilangkan, diganti dengan virtual pressure-sensing buttons yang ditampilkan di sisi layar.

Baca juga: Vivo APEX 2019 Diperkenalkan dengan Desain Tanpa Tombol dan Diotaki Prosesor Snapdragon 855

Sektor dapur pacu, APEX 2020 ditenagai dengan prosesor Snapdragon 865 serta modem 5G Snapdragon X55. SoC tersebut dipadukan dengan RAM sebesar 12GB dan memori internal berkapasitas 256GB.

Untuk sistem operasinya menggunakan Android 10 dan ditopang oleh baterai berkapasitas 2.000 mAh dengan dukungan teknologi Wireless Super FlashCharge yang diklaim dapat mengisi daya hanya dalam waktu 20 menit.

APEX 2020 tidak memiliki lubang port satu pun, sehingga untuk mengisi daya harus melalui koneksi nirkabel. Begitupun juga suara disalurkan bukan melalui speaker konvensional, melainkan lewat getaran dari balik layar dengan teknologi Screen SoundCasting generasi ketiga.

Vivo APEX 2020

Inovasi menarik lainnya terdapat di kamera utama di Vivo APEX 2020. Ya, APEX 2020 mengadopsi teknologi peredam guncangan yang disebut Gimbal pada lensa kamera belakangnya yang beresolusi 48 MP. Teknologi ini diklaim 200% lebih baik dibandingkan dengan teknologi Optical Image Stabilization (OIS) yang ada saat ini.

Selain itu, di kamera belakang ada juga lensa telephoto beresolusi 16 MP yang dapat memberikan tingkat zoom optik 5x hingga 7,5x (continuous optical zoom) tanpa pembesaran secara digital.

Sejauh ini, APEX 2020 hanyalah sebuah konsep smartphone yang tidak akan dijual. Namun demikian, teknologi yang ada di APEX 2020 nantinya bukan tidak mungkin juga akan diterapkan di smartphone terbaru Vivo selanjutnya.


Indra DP
Indra DP

Seorang Freelance Graphic Designer dan Blogger. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.

Buka Kolom Komentar
Tutup Kolom Komentar