--> Skip to main content

Fitur Dark Mode Resmi Hadir di WhatsApp Android dan iOS


WhatsApp Dark Mode

WhatsApp akhirnya resmi menghadirkan fitur tampilan mode gelap atau dark mode untuk pengguna Android dan iOS setelah sebelumnya hadir di WhatsApp versi beta beberapa bulan lalu.

Tampilan dark mode memang cukup lama dinantikan oleh pengguna WhatsApp. Sebab, menggunakan tampilan dark mode dapat mengurangi ketegangan mata ketika berada di ruangan dengan cahaya rendah.

Ada dua hal penting yang digunakan WhatsApp dalam merancang mode gelap di aplikasinya.

Pertama adalah soal keterbacaan, di mana warna yang dipilih WhatsApp adalah warna yang dapat meminimalkan kelelahan mata. Warna gelap di WhatsApp juga diklaim mendekati tema gelap yang ada di sistem default Android dan iOS.

Kedua adalah WhatsApp menggunakan warna yang mencolok seperti hijau terang pada bagian informasi yang penting, seperti penghitung pesan baru dan tanda centang.

WhatsApp Dark Mode

Untuk mengaktifkan mode gelap di WhatsApp juga cukup mudah. Bagi pengguna Android, silakan buka menu "Settings" (setelan), lalu pilih "Chat".

Maka akan tersedia menu baru yang bernama Theme (tema). Silakan pilih "Dark" (Gelap) untuk mengaktifkan fitur mode gelap. Maka seketika itu juga tampilan WhatsApp akan berubah menjadi gelap.

WhatsApp Dark Mode
Mengaktifkan Dark Mode di WhatsApp Android

Sedangkan untuk pengguna iOS, buka menu "Setting". Kemudian pilih "Display & brightness". Lalu aktifkan mode gelap dengan memilih opsi "dark: turn dark mode on".

Update WhatsApp dengan fitur dark mode sudah mulai digulirkan di Google Play Store untuk pengguna Android dan Apple App Store untuk pengguna iOS.

Namun jika kamu belum mendapatkan update WhatsApp, silakan tunggu saja selama beberapa jam. Sebab, WhatsApp menggulirkan update tersebut secara bertahap.
Indra DP
Indra DP

Seorang Freelance Graphic Designer dan Blogger. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.