Skip to main content

Panduan Membeli Table Saw dengan Benar


Table Saw

Table Saw atau yang biasa dikenal dengan gergaji meja merupakan salah satu peralatan wajib dimiliki untuk pertukangan kayu ataupun hanya sekedar hobi.

Fungsi Table Saw yaitu digunakan untuk memotong berbagai bidang kayu dengan lebih akurat dan lebih rapi. Mempunyai Table Saw yang bagus dan berkualitas merupakan impian banyak orang baik tukang kayu profesional maupun hanya hobi.

Jika dilihat dari sistem penggeraknya, Table Saw atau gergaji meja dalam dibagi menjadi dua jenis, yaitu:
  • Table Saw Direct Drive: Table Saw jenis ini memiliki mata gergaji yang terhubung langsung dengan motor penggerak. Biasanya Table Saw portable banyak menggunakan sistem ini karena tidak memerlukan banyak tempat.
  • Table Saw Belt Drive: Table Saw jenis ini memiliki mata gergaji yang tidak terhubung langsung dengan motor penggerak atau dinamo, tetapi sistem penggeraknya melalui pita karet atau vanbelt. Biasanya Table Saw portable terbaik jenis ini memiliki ukuran yang besar dan digunakan untuk pekerjaan yang berat.
Panduan membeli Table Saw dengan benar:

Saat ingin membeli Table Saw, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar tidak kecewa, berikut ini adalah panduan saat membeli Table Saw:
  • Meja Table Saw: Teliti dengan benar bila perlu membawa meteran siku untuk memastikan bahwa meja Table Saw benar-benar lurus, siku, dan sempurna. Selain itu, meja Table Saw yang terbuat dari besi biasanya mudah korosi jika kena suhu lembab. Oleh karena itu, sebaiknya pilih meja Table Saw yang terbuat dari bahan alumunium atau zink aloy yang tebal, karena selain ringan juga relatif tahan karat.
  • Pagar Rip: Pagar rip merupakan papan pembatas untuk menentukan ukuran bidang papan kayu yang akan dipotong. Oleh sebab itu, pastikan pagar rip lurus, mudah digerakkan, dan tentunya akurat. Sebaiknya cek dengan penggaris untuk memastikan akurasinya.
  • Sudut Bevel: Table Saw mempunyai keunggulan bisa memotong dengan beragam sudul bevel mulai 0-45 derajat. Oleh karena itu, cobalah untuk memiringkan gergajinya dengan berbagai sudut dan bila perlu di cek juga dengan menggunakan alat protaktor.
  • Aksesoris Table Saw: Semakin bagus Table Saw maka semakin lengkap aksesoris tambahannya, seperti meja ekstensi untuk memperpanjang bidang potong, angle protactor, push stick, dan aksesoris lainnya.
  • Harga: Harga Table Saw sangat bervariasi dan sejauh ini harga masih menentukan kualitas. Oleh karena itu, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan, serta carilah merk yang sudah teruji sehingga mempunyai daya tahan, keawetan, dan yang paling penting adalah tingkat akurasinya.
Itu beberapa panduan membeli Table Saw dengan benar. Semoga bermanfaat.

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Indra's Blog dengan NowTopReview.com.
Indra DP
Indra DP

Seorang Freelance Graphic Designer dan Blogger. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.

Buka Kolom Komentar
Tutup Kolom Komentar