02 December 2019

Membuat Website Review yang Keren di WordPress


Membuat Website Review yang Keren di WordPress

Pernahkah terpikirkan oleh Anda untuk membuat sebuah website yang berisi konten review? Bagaimana sih cara mudah membuat website review?. Website review merupakan salah satu saluran yang banyak ditempuh blogger untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Review online akan membantu orang lain untuk melakukan keputusan pembelian dan memungkinkan Anda untuk mendapatkan pendapatan melalui komisi. Anda bisa membuat website review dengan tema yang spesifik, atau anda bisa menambahkan halaman review sendiri di website yang sudah Anda miliki.

Pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara mudah membuat website review di WordPress dan membuatnya menghasilkan bagi Anda. Nantinya ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk membangun sebuah website review dan mendapatkan uang dari internet.

Mengapa Membuat Website Review?

Pertanyaan ini akan banyak diutarakan pada Anda saat akan membangun sebuah website yang konten utamanya berisi review produk atau layanan jasa. Kebanyakan orang memiliki kecenderungan untuk melihat review barang atau produk sebelum memutuskan untuk membeli.

Atau juga ketika orang yang ingin berlibur ke desa wisata, kalau tidak melihat website desa tujuan, tentu akan melihat review di website yang membahas traveling.

Membuat Website Review yang Keren di WordPress

Terdapat dua opsi populer yang untuk membuat website review. Pertama, Anda bisa menambahkan review sections pada website yang sudah ada. Cara kedua adalah membuat website yang sama sekali baru dan terpisah dari situs utama Anda. Apapun yang cara yang Anda pilih nantinya, sangat penting untuk sebisa mungkin menghindari tema dengan persaingan yang tinggi.

Contohnya, diluar sana banyak sekali situs yang membicarakan tentang review sepeda motor, namun tak banyak yang mereview aksesorisnya. Rahasia untuk membangun website review yang sukses adalah menemukan niche yang tepat. Niche dengan persaingan rendah dan sangat anda kuasai merupakan sebuah kombinasi yang sempurna.

Beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memulai website review antara lain: Sumber untuk membangun trafik, bagaimana cara menarik pengiklan, mempertimbangkan pemillihan program afiliasi, apakan orang lain juga bisa menghasilkan pada niche yang sama, dan bagaimana tingkat persaingannya.

Untuk itu Anda bisa melakukan analisa menggunakan beberapa tools untuk melakukan riset, seperti SEMRush, ataupun Google Keyword Planner.

Langkah 1: Setting WordPress

Mengapa menggunakan Wordpress? Karena WordPress sangat mudah digunakan, memiliki plugin dan tema yang banyak, ramah SEO, dan memiliki komunitas pengguna yang besar.

Menggunakan WordPress akan sangat menguntungkan. Yang pertama kali Anda lakukan adalah melakukan setting website WordPress. Setting ini cukup mudah. Anda hanya tinggal mengikuti pop-up perintah dari akun pengguna hosting Anda.

Langkah 2: Install Tema dan Plugins yang sesuai

Setelah berhasil melakukan setup WordPress, saatnya memilih tema terbaik untuk website review Anda. Ketika mencari tema terbaik untuk website, Anda akan menemukan beberapa tema yang yang menawarkan fungsi komplit dari suatu tema tersebut. Ada baiknya untuk tidak menggunakan hal itu.

Anda tak perlu menggunakan template WordPress. Banyak tema review website di WordPress terdapat banyak bloatware dan akan mengunci Anda untuk menggunakannya selamanya.

Itulah mengapa lebih baik menggunakan plugins karena plugins dapat bekerja dengan tema atau desain apapun yang Anda pilih. Setelah menemukan tema yang tepat, selanjutnya adalah menambahkan fungsi tambahan untuk ditambahkan pada website Anda.

Anda bisa menggunakan plugins untuk membuat website Anda lebih ramah SEO. Plugins SEO ini akan memudahkan website Anda untuk terindeks mesin pencari. Salah satu plugins yang bisa Anda tambahkan ke website review anda adalah WP Product Review. Plugins ini sangat mudah digunakan, begitu juga dengan aktivasinya.

Langkah 3: Menambahkan Review di Website

Menambahkan review menggunakan WP Product Review merupakan sesuatu yang mudah dilakukan. Pada dasarnya terdapat dua cara yang bisa Anda lakukan untuk menambahkan review produk di website WordPress menggunakan plugin WP Product Review:
  • Menambahkan review dalam bentuk postingan
  • Menambahkannya ke postingan maupun halaman
Apapun cara yang Anda pilih untuk mempublikasikan review, menambahkan review di website WordPress pun sama saja. Plugin tersebut akan memberikan akses pada Anda untuk membuat post atau halaman review. Cukup edit atau menambahkan post baru di WordPress.

Membuat Website Review yang Keren di WordPress

Jika Anda menyalakan tipe post review, kemudian Anda masuk ke halaman Reviews > Add New page untuk menambahkan review Anda. Lalu bagaimana cara menambahkan review? Simak cara dibawah ini:

Dibawah kotak meta box di kolom sebelah kanan, Anda akan menemukan opsi label ‘Is this post a review’. Menyalakannya akan menampilkan opsi untuk menampilkan opsi untuk menambahkan ulasan produk Anda.

Pertama, Anda perlu memberikan detail produk seperti gambar, teks beli sekarang, tautan produk atau link afiliasi, dan pastinya harga produk. Setelah itu, anda perlu menambahkan fitur produk dan skor untuk fitur tersebut.

Klik Add option button untuk menambahkan lebih banyak fitur jika Anda memerlukannya. Selanjutnya, Anda bisa menambahkan daftar kelebihan dan kekurangan produk.

Anda harus mencantumkan fitur yang menjadi kelebihan dan kelemahannya. Setelah selesai, Anda bisa menyimpannya terlebih dahulu atau langsung mempublikasikannya.

Langkah 4: Menampilkan Ulasan Anda di Bilah Samping

WP Product Review Memungkinkan Anda untuk menampilkan post ulasan di bilah sisi dan area setiap widget lainnya. Caranya adalah, klik appearance > halaman widget, dan Anda akan menemukan produk teratas dan widget produk terbaru.

Cukup tambahkan widget ke bilah sisi dan konfigurasikan opsinya. Anda bisa memilih jumlah produk yang ditampilkan, judul produk, dan pengaturan tampilan gambar. Setelah selesai, klik tombol simpan. Selanjutnya anda bisa mengunjungi situs website Anda untuk melihat ulasan yang anda buat tadi sudah tayang.

Menghasilkan Uang Dari Website Review

Website review merupakan cara yang ampuh untuk menghasilkan pendapatan pasif. Ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari website review anda. Beberapa cara dibawah ini merupakan cara paling populer dalam menghasilkan pendapatan tambahan untuk website review.

Program afiliasi

Program afiliasi akan membuat Anda menghasilkan uang dari review anda dengan merekomendasikan suatu produk atau layanan di website. Anda akan mendapatkan komisi ketika pengunjung melakukan klik pada referral link dan melakukan pembelian.

Anda harus mencari tahu produk atau brand yang memiliki program afiliasi IDwebhost, penyedia jasa hosting terbaik dengan harga termurah di Indonesia memiliki program afiliasi yang sangat cocok untuk Anda yang menginginkan mencari uang tambahan dari internet.

Selain itu, Anda juga bisa bergabung dengan program afiliasi dari Dr.cash. Sebagai informasi, Dr.cash merupakan salah satu program affiliate marketing terbesar di dunia yang berbasis CPA (Cost Per Action) yang artinya, Anda akan mendapatkan komisi jika Anda berhasil melakukan aksi, dalam hal ini menjual suatu produk.

Dr.cash sendiri berfokus pada website yang membahas tentang kesehatan dan kecantikan. Ada sekitar 2.400 penawaran dari 46 kategori produk kecantikan dan kesehatan. Dengan penawaran sebanyak itu, Anda bisa memilih secara spesifik produk yang sesuai untuk Anda promosikan di website review yang Anda kelola.

Mengenai pembayarannya, dr.cash menerapkan system payout melalui PayPal, Paxum dan bank transfer. Untuk payout melalui PayPal dan Paxum minimal sebesar $50, sedangkan jika melalui bank transfer, minimal payout sekitar $1500.

Advertisement

Banyak website di internet yang mampu menghasilkan uang dari memasang iklan. Anda akan dibayar dari impresi atau ketika pengunjung mengklik iklan dari website Anda. Cara paling populer di dunia ini tentu saja dengan bergabung melalui platform Google Adsense.

Menulis Review Berbayar

Menulis review berbayar merupakan salah satu cara yang paling populer dalam menghasilkan uang dari website review. Anda akan dibayar untuk menuliskan secara jujur produk yang Anda gunakan. Namun untuk sampai di tahap ini, Anda harus membangun reputasi dahulu sebagai reviewer yang bisa dipercaya dengan kualitas ulasan yang bagus.

Membuat Website Review yang Keren di WordPress

Kesimpulan

Memiliki website dengan niche review merupakan peluang yang menjanjikan. Kecenderungan orang untuk melihat review sebelum memutuskan membeli suatu produk adalah kesempatan Anda. Terdapat banyak cara mudah untuk membuat website review.

IDwebhost sebagai jasa pembuatan website murah terbaik memiliki banyak pilihan paket dengan fitur-fitur yang jarang ditemui di provider lain. Tunggu apalagi, buat website Anda di IDwebhost sekarang!

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Indra's Blog dengan IDwebhost.com.