Skip to main content

Ingin Jadi Youtuber Handal? 5 Perlengkapan Vlog Ini Wajib Kamu Penuhi!


Kamera mirrorless

Membuat video vlog atau nge-vlog memang semakin populer belakangan ini. Hal ini bisa dikarenakan hanya ingin sekedar membuat dokumentasi pribadi atau ingin menjadi seorang Youtuber terkenal.

Bisa dibilang menjadi Youtuber dengan view dan subscriber yang banyak sudah menjadi sebuah profesi bagi para generasi millennial saat ini. Youtube telah menjadi lahan pekerjaan yang sangat menjanjikan untuk mencari pundi-pundi uang, khususnya bagi mereka yang memiliki hobi menunjukan kreativitasnya.

Untuk menjadi seorang Youtuber yang menghasilkan video berkualitas tentunya harus memiliki perlengkapan vlog yang lengkap. Kira-kira apa saja ya perlengkapannya? Yuk, simak selengkapnya berikut ini!

#1. Laptop

Laptop

Laptop adalah salah satu perangkat yang wajib kamu penuhi. Karena laptop ini berguna untuk membantu kamu menyunting video yang telah dibuat agar terlihat lebih profesional dan berkualitas.

Selain itu, laptop juga berguna untuk meng-upload video ke Youtube. Disarankan untuk Youtuber menggunakan PC Gaming karena processing power komputer khusus main game ini jauh lebih handal ketimbang yang mempunyai fitur pas-pasan. Namun, tetap sesuaikan dengan budget yang kamu punya, ya.

#2. Kamera

Kamera mirrorless

Ketika ingin membuat video tentunya membutuhkan kamera yang berguna untuk merekamnya. Agar bisa menghasilkan konten yang bagus memang membutuhkan kamera yang berkualitas. Ada banyak jenis kamera yang bisa kamu gunakan untuk nge-vlog.

Kamera mirrorless adalah salah satu kamera yang paling sering digunakan oleh para Youtuber. Tentunya kamu bisa melirik kamera mirrorless Canon EOS M10 ini untuk dijadikan pilihan terbaik dalam membuat vlog.

Kamu akan mendapatkan hasil video yang lebih jernih dan tajam dari kamera ini. Karena kamera ini dilengkapi dengan kapasitas lensa sebesar 18 MP ditambah dengan layar lipat yang dapat diputar 180 derajat.

Selain itu, kamu juga dapat merekam video Full HD 30fps pada kamera ini. Harga kamera mirrorless buatan Canon ini kisaran Rp 4,9 jutaan saja, kamu bisa membelinya di toko jual kamera atau secara online.

#3. Microphone

Microphone

Tidak hanya kualitas videonya saja yang perlu diperhatikan, kualitas pada audionya juga harus kamu pertimbangkan. Kualitas suara yang buruk pastinya bisa mempengaruhi kualitas video yang kamu dapatkan.

Meski biasanya sudah tersedia microphone di kamera tapi jangan selalu mengandalkan itu. Ada baiknya kamu membeli sebuah mic external untuk mendapatkan kualitas suara yang jauh lebih baik dan jernih.

Khususnya untuk konten-konten yang banyak dialog atau mengandalkan narasi di depan kamera. Pasti microphone ini akan sangat berguna sekali buat kamu yang ingin membuat vlog berkualitas dan profesional.

#4. Lighting

Lighting

Lighting juga memiliki peran penting dalam membuat sebuah video. Tidak perlu menggunakan lighting yang terlalu wow yang terpenting adalah efektif. Lampu tersebut nantinya berguna untuk fokus viewer atau menerangi pencahayaan yang kurang pada lokasi untuk membuat konten.

Sebenarnya bisa-bisa saja menggunakan lampu yang ada di dalam ruangan tapi itu tampak kurang profesional. Nah, kami menyarankan lighting basic yang memiliki penerangan lembut seperti lampu LED atau right light untuk nge-vlog.

#5. Tripod

Tripod

Hasil video yang tampak goyang-goyang pastinya bisa membuat konten kamu terlihat amatiran. Nah, untuk mengatasi hal ini kamu bisa mengandalkan perlengkapan satu ini, yaitu tripod.

Dengan hadirnya tripod tentunya akan mendapatkan hasil video yang tampak seperti profesional. Sehingga bebas dari kualitas video yang amatiran. Pilihan tripod saat ini juga semakin beragam dengan desain yang sesuai dengan kebutuhan spesifik. Salah satu jenis tripod yang bisa kamu pilih untuk nge-vlog adalah tripod gorilla.

Semua perlengkapan vlog tersebut tentunya akan memudahkan kamu agar bisa menciptakan konten yang menarik dan dapat dinikmati oleh semua orang. Sebelum membeli perlengkapan untuk nge-vlog, selalu pastikan produk yang kamu pilih itu berkualitas baik. Tujuannya agar produk tersebut bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang.
Indra DP
Indra DP

Seorang Freelance Graphic Designer dan Blogger. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.

Buka Kolom Komentar
Tutup Kolom Komentar