30 May 2019

ASUS ZenBook Pro Duo, Laptop dengan Dua Layar Resmi Diperkenalkan


ASUS ZenBook Pro Duo

Di ajang Computex 2019 yang digelar di Taipei, Taiwan, ASUS meluncurkan beberapa perangkat terbaru mereka, salah satunya yang paling menarik perhatian adalah perangkat laptop dengan dua layar, ASUS ZenBook Pro Duo.

ZenBook Pro Duo merupakan penerus dari ZenBook Pro yang diperkenalkan tahun 2018 lalu. Berbeda dengan pendahulunya, ZenBook Pro Duo kini dilengkapi dengan layar kedua yang lebih besar serta lebih multifungsi dan posisinya berada di atas keyboard.

Baca juga: ASUS ZenBook Pro Diperkenalkan dengan ScreenPad yang Cerdas

Untuk layar utama ZenBook Pro Duo ini menggunakan panel OLED beresolusi 4K UHD (3840 x 2160 pixel) seluas 15 inchi tipe touchscreen, Sementara layar keduanya menggunakan panel IPS LCD dengan diagonal 14 inchi beresolusi 4K dan juga tipe layar sentuh. Layar kedua ini oleh ASUS disebut sebagai Screenpad Plus.

ASUS ZenBook Pro Duo

ASUS ZenBook Pro Duo

Screenpad Plus ini memiliki fungsi yang lebih beragam, mulai dari dapat digunakan untuk membuka beberapa aplikasi sekaligus (multitasking), menampilkan perpindahan aplikasi dari layar utama, menampung shortcut dari aplikasi tertentu, hingga dapat memperluas tampilan yang ada di layar utama.

Selain Screenpad Plus, ternyata masih ada satu layar lagi yang berada di sisi kanan keyboard. Layar ini juga tipe touchscreen yang memiliki ukuran lebih kecil yang berfungsi sebagai papan tombol numerik (numpad).

ASUS ZenBook Pro Duo

Dari segi performa, ZenBook Pro Duo ditunjang dengan spesifikasi kelas atas. Laptop ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i9-9980HK yang dipadukan dengan GPU NVIDIA GeForce RTX 2060.

Sektor penyimpanan, ZenBook Pro Duo juga telah dibekali dengan PCIe SSD 3.0 x4 berkapasitas hingga 1TB serta RAM 32GB DDR4 2666 MHz. Baterainya memiliki kapasitas 71Wh 4 Cell. Selain itu, laptop ini juga mendukung konektivitas WiFi 6 with Gig+ (802.11ax) serta dukungan port Thunderbolt 3.

ASUS juga melengkapi ZenBook Pro Duo dengan Stylus Pen dan Pump rest untuk penyangga telapak tangan agar pengguna dapat mengetik di keyboard dengan lebih nyaman.

ASUS ZenBook Pro Duo

Selain ZenBook Pro Duo, ada juga varian lain yang memiliki spesifikasi lebih rendah dan dimensi ukuran yang lebih ringkas, yaitu ASUS ZenBook Duo.

ZenBook Duo mengusung layar utama berukuran 14 inchi dan layar kedua (Screenpad Plus) memiliki ukuran dengan diagonal 12,6 inchi. Kedua layar ZenBook Duo ini sama-sama beresolusi Full HD+.

Sedangkan untuk performanya, ZenBook Duo ditenagai oleh prosesor Intel Core i7 dengan kartu grafis NVIDIA GeForce MX250.

Untuk soal harganya, sayangnya ASUS masih belum mengungkapkan berapa harga dari ZenBook Pro Duo dan ZenBook Duo ini. Namun ASUS berencana akan mulai menjual laptop layar gandanya tersebut pada kuartal III-2019.

Masih penasaran dengan penampakan ASUS ZenBook Pro Duo ini? Tonton saja video review dari channel DroidLime ini: