21 March 2019

Stadia, Platform Gaming Buatan Google Resmi Diperkenalkan


Google Stadia

Di ajang Game Developer Conference 2019 yang digelar di San Fransisco, Amerika Serikat, Google resmi memperkenalkan platform gaming besutannya yang bernama Stadia.

Melalui Stadia, Google menawarkan pengalaman bermain game konsol berkualitas ke beberapa perangkat melalui Chrome, atau Android tanpa perlu menggunakan perangkat spesifikasi tinggi dan sebagainya.

Stadia bukan sebuah perangkat konsol game, sebab, Stadia merupakan sebuah layanan cloud gaming yang memungkinkan para pengguna untuk bermain game secara streaming.

Jadi, pengguna tidak perlu menggunakan konsol game ataupun menginstal file game di perangkat, melainkan pengguna hanya butuh koneksi internet yang stabil umtuk memainkan game di Stadia.

Stadia juga terintegrasi dengan YouTube, jadi pengguna dapat menonton video game favorit mereka di YouTube, setelah itu mareka dapat langsung memainkan gamenya hanya dengan mengunjungi tautan yang tersedia.

Game yang tersedia di layanan Stadia bisa dimainkan melalui beberapa perangkat yang berbeda seperti PC, tablet, smartphone, maupun Chromecast. Menariknya, pemain juga bisa berpindah-pindah perangkat sesuai keinginan, misalnya bermain di PC, lalu dilanjutkan di tablet.

Google Stadia

Google pun mengatakan, layanan Stadia akan dapat menjalankan game hingga resolusi 4K dengan frame rate mencapai 60 fps. Namun dengan syarat, koneksi internet harus berkecepatan minimal 25 Mbps.

Selain Stadia, Google juga memperkenalkan sebuah controller khusus yang dapat terhubung dengan layanan Stadia melalui Wi-Fi.

Google Stadia Controller

Controller tersebut dapat langsung terhubung ke pusat data Stadia sehingga pemain dapat langsung menggunakannya, tanpa harus melakukan konfigurasi tertentu pada perangkat yang digunakan untuk streaming. Selain itu, Controller juga terintegrasi dengan Google Assistant sehingga pemain bisa mendapat panduan tertentu dalam game.

Kabarnya, platform gaming Stadia akan segera tersedia pada tahun 2019 ini. Untuk saat ini, Stadia akan dapat dimainkan pengguna yang berada di wilayah Amerika Serikat, Kanada, Inggris dan sebagian besar Eropa. Belum ada informasi mengenai kapan Stadia akan diluncurkan di kawasan Asia.