23 February 2019

Samsung Galaxy Watch Active dan Galaxy Fit Resmi Dirilis


Galaxy Watch Active dan Galaxy Fit

Selain meluncurkan smartphone flagship Galaxy S10 Series dan Galaxy Fold, Samsung juga meluncurkan dua perangkat wearable terbarunya, yakni Galaxy Watch Active dan Galaxy Fit.

Galaxy Watch Active termasuk kedalam lini jam tangan pintar (smartwatch), sedangkan Galaxy Fit merupakan sebuah perangkat gelang pintar (smartband).

Galaxy Watch Active

Galaxy Watch Active

Galaxy Watch Active hadir dengan desain baru, yakni tampil tanpa bezel yang dapat diputar seperti halnya pada Samsung Gear dulu. Sebagai gantinya, pengguna cukup men-swipe layar untuk keperluan navigasi.

Desain dari Galaxy Watch Active ini bisa dikatakan cukup sporty, yakni hanya 10,5 mm dengan diameter 40 mm. Layar smartwatch ini menggunakan panel AMOLED seluas 1,1 inchi dengan resolusi 360 x 360 pixel dan sudah dilapisi pelindung Gorilla Glass 3.

Galaxy Watch Active diotaki prosesor Exynos 9110 dengan kapasitas RAM 768MB dan memori internal 4GB, serta didukung baterai 230 mAh yang mendukung pengisian daya secara nirkabel dengan Qi Wireless Charging ataupun juga bisa dari Galaxy S10.

Galaxy Watch Active berjalan pada sistem operasi Tizen OS yang dilengkapi dengan fitur terbaru bernama Blood Pressure Monitoring serta sensor pendeteksi detak jantung, sensor pendeteksi stres, dan chip NFC untuk layanan Samsung Pay.

Hal yang paling menarik, Galaxy Watch Active memiliki kemampuan melacak aktivitas pengguna hingga 39 jenis aktivitas dengan menggunakan sensor GPS, GLONASS, Gyroscope, Accelerometer, dan Barometer.

Galaxy Watch Active juga mendukung konektivitas Bluetooth 4.2 dan Wi-Fi, serta kemampuan anti air hingga 5 ATM.

Galaxy Watch Active akan mulai tersedia di pasa Amerika Serikat pada 8 Maret 2019 mendatang dengan harga USD 199 atau sekitar Rp 2,8 jutaan dengan empat pilihan warna yang tersedia, yakni silver, black, rose gold, dan sea green.

Galaxy Fit

Galaxy Fit

Galaxy Fit hadir dengan layar AMOLED seluas 0,95 inchi beresolusi 120 x 240 pixel. Ada pula varian yang lebih kecil, yakni Galaxy Fit e dengan layar PMOLED hitam putih seluas 0,74 inchi beresolusi 64 x 128 pixel. Bobot kedua smartband ini juga ringan, Galaxy Fit hanya 24 gram sedangkan Galaxy Fit e hanya 15 gram.

Baik Galaxy Fit maupun Galaxy Fit e, kedua smartband ini memiliki kemampuan untuk melacak aktivitas pengguna hingga 90 jenis aktivitas. Selain itu, kedua smartband ini juga memiliki kemampuan anti air hingga 5 ATM.

Galaxy Fit dan Galaxy Fit e juga dilengkapi sensor pendeteksi detak jantung, pendeteksi tingkat stres, dan penghitung waktu tidur.

Kedua smartband ini berjalan pada sistem operasi sistem operasi besutan Samsung, Realtime OS yang dapat menampilkan informasi berupa alarm, kalendar, dan info cuaca yang diambil dari smartphone.

Galaxy Fit tersedia dalam pilihan warna silver dan black, smartband ini akan mulai tersedia pada 31 Mei 2019 mendatang dengan banderol harga USD 99 atau sekitar Rp 1,3 jutaan.