11 July 2018

Microsoft Surface Go Resmi Dirilis dengan Layar 10,1 Inchi dan Harga Lebih Terjangkau


Microsoft Surface Go

Microsoft baru saja resmi merilis perangkat tablet terbarunya dari seri Surface yang bernama Microsoft Surface Go. Tablet terbaru ini memiliki desain yang mirip seperti Surface Pro lengkap dengan dock sebagai penopangnya.

Surface Go digadang-gadang bakal bersaing dengan tablet iPad besutan Apple, lantaran kedua tablet ini sama-sama menjalankan sistem operasi desktop. Surface Go berjalan pada OS Windows 10, sedangkan iPad berjalan pada OS MacOS.

Selain itu, Surface Go bakal dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau dari perangkat Surface terdahulu, yakni mulai dari USD 399 atau sekitar Rp 5,7 jutaan. Harga tersebut juga sebanding dengan iPad yang berada di kisaran harga yang sama.

Surface Go hadir dengan layar sentuh berteknologi PixelSense Display seluas 10,1 inchi dengan rasio layar 3:2 dan beresolusi 1800 x 1200 pixel. Sedangkan di bagian atas layarnya terdapat modul kamera depan yang mendukung sistem identifikasi wajah pengguna.

Surface Go merupakan tablet hybrid 2-in-1 yang artinya, bisa dijadikan sebagai laptop maupun tablet. Microsoft pun juga mengklaim jika perangkat ini sangat ringan, karena hanya memiliki berat 1,15 Kg dan ketebalan 8,3 mm. Surface Go juga dilengkapi dengan port USB Type-C untuk menghubungkan ke pengisi daya maupun untuk bertukar data ke perangkat eksternal.


Untuk menunjang kinerjanya, Surface Go ditenagai oleh prosesor Intel Pentium Gold 4415Y generasi ke-7 yang memiliki dua inti CPU. Prosesor tersebut dipadukan dengan varian RAM 4GB dan penyimpanan SSD 64GB (seharga USD 399 / Rp 5,7 jutaan), ataupun varian RAM 8GB dan penyimpanan SSD 128GB (seharga USD 549 / Rp 7,9 jutaan).

Surface Go menjalankan sistem operasi Windows 10 "S Mode", yang berarti pengguna hanya bisa menjalankan aplikasi yang ada di Microsoft Store saja. Namun demikian, pengguna masih bisa meng-upgrade-nya ke Windows 10 versi reguler secara gratis.

Baca juga: Windows 10 S Bakal Diganti dengan "S Mode" di Semua Versi Windows 10

Microsoft Surface Go

Selain itu, Microsoft juga menyertakan aksesori tambahan untuk Surface Go, diantaranya Signature Type Cover yang merupakan dock sekaligus keyboard, stylus Surface Pen untuk menulis, dan Surface Mobile Mouse.

Microsoft akan mulai membuka pre-order untuk Surface Go pada 10 Juli 2018 mendatang di wilayah Amerika Serikat, Perancis, Kanada, Jerman, Australia dan Selandia Baru. Sedangkan untuk wilayah Asia seperti Singapura, Malaysia, Korea, Jepang, dan Hong Kong akan menyusul beberapa pekan mendatang.