23 June 2018

Instagram Luncurkan IGTV, Aplikasi Berbagi Video Hingga Satu Jam


IGTV

Seperti yang telah kita ketahui, selama ini pengguna Instagram hanya dapat membagikan konten video hanya maksimal sepanjang satu menit saja. Nah untuk menjawab keterbatasan tersebut, Instagram baru saja meluncurkan fitur terbarunya yakni IGTV.

IGTV hadir untuk para pengguna Instagram agar dapat berbagi video dengan durasi hingga maksimal satu jam. Menariknya, IGTV hadir sebagai aplikasi tersendiri (standalone) bernama IGTV yang kini sudah tersedia untuk platform Android dan iOS.

IGTV digadang-gadang akan menjadi pesaing YouTube di masa depan. Namun tak seperti YouTube, IGTV hanya akan menayangkan video dalam orientasi vertikal seperti layaknya video yang dibagikan di Instagram Stories.

IGTV

Saat pengguna membuka aplikasi IGTV, maka pengguna akan dapat langsung melihat video-video dari kreator kesukaan mereka yang telah diupload di aplikasi tersebut.

Selain itu, aplikasi IGTV juga menyediakan berbagai menu navigasi, seperti "For You" dan "Popular", dimana video akan ditampilkan berdasarkan algoritma sehingga relevan dengan minat masing-masing pengguna, "Following" yang menampilkan video dari orang yang telah diikuti pengguna, "Continue Watching" untuk melanjutkan video yang telah ditonton sebelumnya, dan ada pula tombol khusus agar pengguna dapat beralih dengan cepat dari IGTV ke aplikasi Instagram.

IGTV

Pengguna aplikasi Instagram nantinya juga akan mendapatkan notifkasi jika ada video baru dari kreator kesukaan mereka yang diupload ke aplikasi IGTV dan pengguna pun juga bisa berinteraksi dengan mengetuk tombol love, memberikan komentar, ataupun mengirim pesan pribadi.

Untuk saat ini, aplikasi IGTV masih bebas dari iklan. Dan bagi kamu yang tertarik ingin mencobanya, aplikasi IGTV ini dapat diunduh secara gratis di Google Play Store untuk pengguna Android, maupun App Store untuk pengguna iOS.