10 March 2018

Google Lens Kini Bisa Digunakan untuk Semua Perangkat Android


Google Lens

Google Lens merupakan fitur berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelegence / AI) yang mampu menganalisa berbagai objek dalam foto, lalu kemudian memberikan beberapa informasi yang dianggap relevan oleh pengguna. Sebenarnya, Google Lens merupakan fitur eksklusif yang hanya ada pada perangkat Pixel besutan Google saja.

Namun kini, melalui akun Twitter resminya, Google telah mengumumkan untuk memberikan fitur Google Lens ke semua perangkat Android non-Pixel melalui aplikasi Google Photos versi terbaru. Jadi mulai sekarang, semua pengguna perangkat Android bisa menikmati fitur ini.

Nantinya, versi terbaru dari Google Lens ini akan terdapat icon "Lens" saat pengguna membuka foto. Kemudian tergantung objek apa yang ingin dikenali pengguna di dalam fotonya, selanjutnya Google Lens akan menampilkan beberapa informasi yang relevan berupa kartu tentang objek tersebut.

Google Lens

Selain itu, pengguna juga bisa langsung membuka Google Assistant di Google Photos. Untuk menggunakan Google Lens, pengguna cukup menekan icon empat sisi berbentuk kamera yang berada di pojok kanan bawah. Kemudian jepret objek yang di inginkan untuk menampilkan informasi yang relevan dari objek tersebut.

Update versi terbaru Google Photos yang telah dilengkapi dengan fitur Google Lens telah mulai digulirkan untuk platform Android sejak Rabu kemarin (07/03). Dan Google menjanjikan fitur Google Lens juga akan hadir untuk platform iOS dalam waktu dekat.

Nah, jika perangkat Android milikmu belum menerima update Google Photos ini, maka kamu harus sedikit sabar menunggu hingga beberapa hari kedepan. Sebab, Google memang menggulirkan update ini secara bertahap untuk beberapa perangkat Android.