08 February 2018

Inilah Intel Vaunt, Kacamata Pintar yang Memiliki Desain Lebih Modis Dibanding Google Glass


Intel Vaunt

Baru-baru ini, Intel dikabarkan tengah mengembangkan perangkat kacamata pintar yang mereka beri nama Intel Vaunt. Berbeda dengan Google Glass besutan Google yang tampak aneh jika dikenakan sehari-hari karena hanya memakai frame memanjang dengan satu lensa besar disebelah kanan, Intel Vaunt justru memiliki desain yang lebih modis seperti kacamata biasa pada umumnya!

Intel Vaunt dilengkapi dengan Vertical Cavity Surface Emitting Laser (VCSEL) yang merupakan laser kelas paling rendah dengan kemampuan lemah yang diklaim sangat aman untuk retina mata. Alih-alih menampilkan gambar di layar kacamata, VCSEL akan memproyeksikan gambar langsung tepat ke retina mata pengguna.

Intel Vaunt

Jadi, nantinya berbagai informasi seperti notifikasi dan tampilan visual apapun yang ditampilkan tidak bisa dilihat oleh orang lain selain pengguna kacamata itu sendiri. Kacamata Intel Vaunt tidak dilengkapi getaran maupun berbagai tanda yang mengganggu ketika ada notifikasi yang masuk.

Sebagai gantinya, informasi yang muncul akan ditampilkan secara visual, namun hanya bisa dilihat apabila mata pengguna melirik ke arah notifikasi yang bersangkutan. Hal ini bertujuan agar pandangan utama pengguna tidak terganggu dengan berbagai notifikasi atau informasi yang ditampilkan oleh kacamata pintar ini.


Intel Vaunt juga dibekali dengan berbagai fitur lain, seperti Bluetooth, compass, sensor accelerometer, dan nantinya juga akan diintegrasikan dengan smart assistant seperti Google Asistant ataupun Alexa.

Perlu diketahui, untuk saat ini Intel Vaunt masih berupa prototype yang masih dalam pengembangan lebih lanjut. Belum diketahui kapan kacamata pintar yang fashionable ini akan dirilis untuk pengguna umum.