11 January 2018

Tips Mencegah Celah Meltdown dan Spectre di Semua Perangkat


Meltdown dan Spectre

Memasuki awal 2018, dunia teknologi dihebohkan dengan kabar celah keamanan yang cukup fatal yang mendera hampir semua processor, mulai dari Intel, AMD, hingga ARM.

Celah keamanan tersebut kemudian disebut sebagai Meltdown dan Spectre, yang dapat mencuri semua informasi penting yang disimpan di memori oleh aplikasi yang sedang berjalan.

Tentu, dengan memanfaatkan dua celah keamanan ini, membuat pihak tertentu dapat mencuri password dari browser dan password manager, email, dokumen penting, bahkan foto dan juga obrolan chat.

Baik Meltdown dan Spectre, kedua celah keamanan ini mengancam hampir semua jenis perangkat mulai dari PC, smartphone, hingga tablet. Itu artinya, semua sistem operasi mulai dari Windows, MacOS, Linux, Android, bahkan iOS, semua ikut terdampak.

Meskipun kedua celah keamanan ini tergolong berbahaya, namun kamu masih bisa mencegah dan melindungi perangkat milikmu. Berikut tips mencegah celah Meltdown dan Spectre di semua perangkat:

Untuk Windows, Microsoft mengumumkan telah merilis update security (KB4056892) untuk Windows 10 dan akan terinstall otomatis jika kamu melakukan update OS tersebut. Sedangkan bagi pengguna Windows 7 dan Windows 8 harap sedikit menunggu update yang kabarnya akan segera dirilis tidak lama lagi.

Untuk MacOS, update security telah diberikan melalui pembaruan MacOS High Sierra versi 10.13.2 yang telah dirilis pada 6 Desember 2017 lalu. Begitupun juga untuk perangkat iPhone dan iPad, update security telah diberikan melalui update iOS 11.2 yang telah lama dirilis pada 2 Desember 2017 lalu.

Untuk Linux, update security juga telah diberikan. Pembaruan ini bernama (KPTI / KAISER) untuk mengatasi celah keamanan Meltdown dan Spectre.

Sedangkan untuk Android, Google juga telah memberikan update security terbaru pada 5 Januari kemarin. Namun, update security tersebut baru digulirkan untuk perangkat Android buatan Google, yaitu seri Nexus dan Pixel.

Sementara bagi pengguna perangkat Android lainnya, sepertinya harus sedikit menunggu hingga update security terbaru digulirkan oleh masing-masing vendor.

Itulah cara mencegah celah keamanan Meltdown dan Spectre. Jadi intinya, kamu harus segera lakukan update sistem operasi pada perangkatmu jika telah menerima notifikasi pembaruan.