27 January 2018

MicroSD Berkapasitas 512GB Akan Meluncur Februari 2018!


Integral microSD SDXC UHS-I U1 512GB

Perkembangan kapasitas penyimpanan pada kartu microSD saat ini kian pesat. Sebelumnya di tahun 2017 lalu, SanDisk mencatat rekor dengan merilis microSD berkapasitas 400GB yang cukup banyak diminati oleh kalangan fotografer dan videografer.

Baca juga: Wow! SanDisk Rilis microSD Berkapasitas 400 GB!

Dan kali ini, sepertinya rekor yang dipegang SanDisk tersebut akan terpecahkan. Karena beberapa waktu lalu, sebuah perusahaan digital storage asal Inggris, Integral Memory, telah resmi memperkenalkan microSD berkapasitas 512GB !. Ya, kapasitas microSD besutan Integral ini telah melampaui standar kapasitas harddisk di laptop saat ini yang rata-rata memiliki kapasitas sebesar 500GB.

Kabarnya, Integral bakal meluncurkan microSD yang berkapasitas 512GB tersebut pada Februari 2018 mendatang. Dan jika kabar tersebut memang benar-benar terwujud, maka microSD besutan Integral ini patut dinobatkan sebagai microSD berkapasitas terbesar di dunia untuk saat ini.

MicroSD besutan Integral ini bernama SDXC UHS-I U1 dan sudah mendukung standar Video Speed Class V10. Kartu microSD ini memiliki kecepatan transfer hingga 80 Mbps. Meski begitu, kecepatan transfer kartu microSD ini masih sedikit kalah cepat jika dibandingkan dengan microSD besutan SanDisk yang memiliki kecepatan transfer mencapai 100 Mbps.

Dan bicara soal harga, sayangnya Integral belum mengumumkan harga resmi dari microSD berkapasitas jumbo ini. Namun, jika membandingkan dengan microSD 400GB dari SandDisk yang dibanderol dengan harga USD249 sekitar Rp3,1 jutaan, maka microSD dari Integral ini diperkirakan akan dibanderol sedikit lebih mahal.