14 December 2017

Google Luncurkan 3 Aplikasi Kamera Smartphone untuk Android dan iOS


ilustrasi kamera smartphone

Saat ini, kemampuan kamera pada smartphone semakin lama semakin canggih saja, baik dari segi fitur pendukung, maupun kualitas hasil jepretan. Pengguna pun kini juga bisa mengabadikan berbagai momen dalam bentuk foto ataupun video dengan lebih kreatif menggunakan kamera smartphone.

Untuk memaksimalkan penggunaan kamera smartphone agar lebih kreatif, Google baru saja meluncurkan tiga aplikasi kamera sekaligus, yaitu Storyboard, Selfissimo!, dan Scrubbies untuk pengguna Android dan iOS. Ketiga aplikasi tersebut merupakan bagian dari proyek eksperimental Google bernama Appsperiments Project.

Ketiga aplikasi dalam proyek tersebut dibuat dari beragam teknologi yang sedang dikembangkan oleh Google. Diantaranya mencakup pengenalan obyek, person segmentation, stylization algorithm, hingga encoding dan decoding gambar yang lebih efisien.

Storyboard

Google Storyboard

Storyboard merupakan aplikasi kamera yang memungkinkan pengguna dapat mengubah video yang sudah direkam kedalam satu template komik. Ada enam gaya visual yang bisa dipakai pengguna untuk merangkai frame menjadi komik.

Saat digunakan, aplikasi ini akan secara otomatis memilih frame video yang menarik dan kemudian dimasukkkan ke dalam layout komik. Pengguna pun masih bisa memilih sendiri frame video sesuai keinginan.

Untuk saat ini, aplikasi Storyboard hanya tersedia untuk Android dan dapat diunduh gratis di Google Play Store.

Selfissimo!

Google Selfissimo!

Sesuai namanya, Selfissimo! merupakan aplikasi untuk pengguna yang hobi selfie. Aplikasi ini akan langsung menjepret secara otomatis sesaat setelah pengguna berhenti bergerak atau saat selesai berganti pose.

Foto yang dihasilkan oleh aplikasi ini berupa gambar hitam putih. Rangkaian foto yang telah diambil akan disajikan dalam tata letak berbentuk grid 3 x 4.

Aplikasi Selfissimo! tersedia untuk Android dan iOS yang dapat diunduh gratis di Google Play Store maupun App Store.

Scrubbies

Google Scrubbies

Aplikasi Scrubbies ini mirip seperti fitur Boomerang yang bisa kita temukan di Instagram, yaitu memungkinkan pengguna membuat video looping. Namun pada aplikasi Scrubbies, pengguna bisa mengendalikan kecepatan dan arah looping video dengan cara men-swipe layar.

Selain itu, Video yang dihasilkan aplikasi ini juga dapat langsung dibagikan ke berbagai platform jejaring sosial.

Untuk saat ini, aplikasi Scrubbies hanya tersedia untuk pengguna iOS dan dapat diunduh gratis di App Store.