Skip to main content

13 Kelebihan Handphone Jadul Yang Tidak Bisa Ditemukan Di Smartphone


nokia 3310

Saat ini handphone atau telepon seluler (ponsel) dapat kita jumpai dimana-mana. Tanpa memandang usia ataupun juga status sosial, sebagian besar telah memiliki perangkat ini. Seiring dengan berjalannya waktu, handphone semakin terus berkembang sesuai kebutuhan pasar. Dari fungsi awalnya hanya sebagai perangkat komunikasi jarak jauh baik itu untuk telepon dan mengirim pesan singkat (SMS) saja, sekarang handphone sudah berevolusi sebagai perangkat yang memiliki fungsi dan fasilitas yang bermacam-macam. Oleh sebab itu, handphone modern kini lebih populer dengan istilah smartphone atau ponsel pintar. Dan tanpa kita sadari, dengan adanya smartphone, perlahan tapi pasti sudah mulai menggeser keberadaan handphone saat ini.

Namun, tahukah kamu? Bahwa sebenarnya featured phone atau handphone jadul (jaman dulu) ini memiliki banyak sekali kelebihan yang tidak bisa dimiliki oleh smartphone modern sekarang ini. Penasaran apa saja kelebihannya? Berikut ini ulasannya:

#1. Baterai yang Tahan Lama

hemat baterai

Jika kita berbicara soal ketahanan baterai pada handphone jadul, memang sudah tidak perlu diragukan lagi untuk masalah yang satu ini. Rata-rata, handphone jadul mampu menyala hingga satu minggu dalam sekali pengisian baterai dengan penggunaan normal. Bahkan ada juga beberapa tipe handphone jadul yang sanggup menyala hingga lebih dari seminggu lho!!.

Tentu dengan kelebihan ini, kamu tidak perlu khawatir lagi memikirkan baterai lemah (low-bat), baik itu saat digunakan untuk bertelepon lama ataupun juga saat kamu sedang melakukan perjalanan jauh yang tidak memungkinkan untuk melakukan pengisian daya baterai.

#2. Harganya yang Murah dan Terjangkau

hemat biaya

Rata-rata handphone jadul memiliki harga yang sangat murah dan terjangkau jika dibandingkan dengan smartphone modern saat ini. Meskipun masih ada featured phone versi terbaru, namun masih dijual dengan harga yang murah. (Baca juga: Microsoft Merilis Nokia 230 dan 230 Dual SIM, Featured Phone yang Murah Meriah). Mengingat hal tersebut dikarenakan handphone jadul hanya memiliki fitur sebatas telepon dan SMS saja. Dengan harga yang hanya ratusan ribu saja, kamu sudah bisa membeli perangkat komunikasi satu ini.

#3. Memiliki Bentuk yang Bermacam-macam

bentuk handphone jadul

Handphone jadul memiliki bentuk yang bermacam-macam mulai dari slide, flip, kotak, panjang, sampai ada juga yang bentuknya unik dan tidak proporsional. Tentunya bentuk-bentuk seperti itu tidak akan pernah kamu temukan pada smartphone jaman sekarang. Bahkan aku sendiri sampai sekarang masih menggunakan handphone jadul tipe Nokia 6630 yang bentuknya agak "gendut" hehehe XD (penasaran seperti apa bentuknya? Cari saja di Google)

Dan jika kamu perhatikan, rata-rata smartphone modern sekarang ini bentuknya terkesan sama semua, monoton dan membosankan. Meskipun ada sebuah inovasi, itupun juga hanya perubahan bentuk sisi rounded atau tajam, perubahan material dan warna, serta desain layar yang berbentuk agak melengkung atau curved display yang akhir-akhir ini baru populer.

#4. Tidak Perlu Aksesoris Tambahan

power bank

Bagi pemilik smartphone, mereka rela mengeluarkan biaya tambahan hanya untuk membeli sebuah powerbank agar smartphone mereka tetap dalam kondisi menyala, membeli screen guard atau anti gores agar layar touchscreen-nya tidak "kasar" karena tergores, berlanggan paket internet agar bisa terus online di dunia maya dan lain sebagainya. Jika kamu sampai saat ini masih menggunakan handphone jadul, pastinya kamu tidak perlu pusing untuk mengeluarkan biaya itu semua.

#5. Sangat Mudah Digunakan

handphone jadul

Rata-rata handphone jadul menggunakan interface atau tampilan antar muka yang sangat simpel dan mudah untuk mengoperasikannya. Bahkan orang tua pun bisa langsung mahir menggunakannya hanya dalam beberapa jam saja. Berbeda dengan smartphone yang menggunakan sistem operasi yang berbeda-beda dengan tampilan yang sangat rumit dan terkadang sulit untuk dipahami.

#6. Bisa Pencet Tombol Tanpa Melihat Layar

Jika kamu menggunakan handphone jadul, maka kamu bisa dengan mudah memencet tombol tanpa harus melihat ke arah handphone. Tentu hal ini akan memudahkan kamu saat kamu menonton TV, mengobrol dengan teman, sampai sambil mendengarkan guru mengajar. Hehehe XD

Karena hampir sebagian besar handphone jadul menggunakan keypad fisik. Jadi, seiring dengan lamanya pemakaian, maka jari jemari penggunanya sudah hafal tanpa harus melihat lagi posisi huruf pada keypad. Hal ini sepertinya sulit untuk dilakukan jika kamu menggunakan smartphone, karena tombol-tombol pada smartphone hampir semuanya menggunakan keyboard dengan touchscreen.

#7. Tidak Akan Crash atau Nge-Lag

smarphone crash

Seiring dengan perkembangan teknologi mobile, maka banyak sekali sistem operasi baru yang bermunculan. Dahulu, sistem operasi yang populer di kalangan pengguna handphone jadul adalah Java OS. Tapi di jaman sekarang, ada banyak sekali jenis OS mobile terbaru, mulai dari Android, iOS, Tizen, hingga Windows Phone. Dan sejak saat itulah muncul masalah smartphone terkadang sering terjadi crash atau nge-Lag. Hal ini karena mungkin disebabkan karena kesalahan sistem.

Jika kamu menggunakan handphone jadul, kamu tidak akan mengalami masalah tersebut. Karena handphone jadul hanya menggunakan sistem operasi yang sangat sederhana, cukup digunakan untuk menjalankan aplikasi-aplikasi "yang standar".

#8. Tidak Akan Cepat Panas

smartphone cepat panas

Berapa lama kamu non stop menggunakan smartphone? Satu jam, dua jam, atau lebih lama dari itu? Kini smartphone modern sudah menggunakan processor yang akan bekerja lebih keras jika digunakan terus menerus untuk menjalankan aplikasi yang berat. Akibatnya, smartphone akan menjadi cepat panas jika digunakan secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama.

Jika kamu menggunakan handphone jadul, kamu bisa menggunakan handphone sepuasnya tanpa khawatir handphone menjadi cepat panas seperti yang sering terjadi pada smartphone.

#9. Aman dari Virus dan Malware

Smartphone terkena virus

Karena pengguna smartphone sekarang ini meningkat sangat pesat, maka banyak sekali pihak yang tidak bertanggung jawab membuat virus dan malware untuk menyerang pengguna smartphone untuk kepentingan pribadi mereka. Jika kamu menggunakan handphone jadul, maka kamu tidak perlu khawatir akan hal tersebut. Karena handphone jadul sangat sulit atau bahkan tidak bisa terinfeksi oleh virus ataupun juga malware.


#10. Lebih Awet dan Tahan Banting

handphone tahan banting

Sudah bukan menjadi rahasia lagi kalau handphone jadul itu jauh lebih awet dan tahan banting jika dibandingkan smartphone modern saat ini. Meskipun sudah terjatuh berkali-kali, bahkan dibanting berkali-kali sampai keypadnya sudah lepas semua, namun handphone jadul masih tetap menyala dengan normal.

Hal ini dikarenakan handphone jadul hanya menggunakan firmware yang sangat sederhana, jadi lebih tahan terhadap resiko kerusakan software. Selain itu, saat kamu sedang terdesak, handphone jadul bisa kamu gunakan untuk menimpuk orang lain yang ingin berbuat tidak baik kepadamu. Hehehehe XD

#11. Sangat Praktis

Jika kamu menggunakan handphone jadul, maka kamu tidak perlu memasang screen guard atau anti gores, flip case dan lain sebagainya. Kalau ingin membawanya kemana-mana, langsung kantongin saja kedalam saku. Praktis bukan?!

#12. Tidak Membuat Ketergantungan

ketergantungan handphone

Sekarang ini, jika kamu perhatikan, setiap orang dimanapun mereka berada selalu membawa smartphone. Mulai dari bangun tidur hingga akan tidur lagi selalu utak-atik smartphone. Entah itu digunakan untuk browsing, chatting atau hanya sekedar bermain game. Jika kamu menggunakan handphone jadul, kamu akan tetap aman dan akan terhindar dari pengaruh ketergantungan tersebut.

#13. Dapat Mempererat Interaksi Sosial

interaksi sosial

Mungkin kamu pernah menjumpai ada beberapa orang yang duduk bersama dalam satu meja makan, namun mereka tidak terlihat mengobrol satu sama lain karena sibuk dengan smartphone-nya masing-masing. Tidak hanya dalam suatu petemuan dengan teman-teman, ketika kumpul bareng bersama keluarga seringkali terjadi hal yang sama. Terlihat hanya berkumpul tetapi tidak saling mengobrol. Jika kamu menggunakan handphone jadul, maka kamu tetap bisa saling mengobrol dan bercanda bareng dengan teman ataupun keluarga.

Itulah 13 kelebihan handphone jadul yang sangat sulit untuk kamu temukan di smartphone modern saat ini. Mungkin ada beberapa diantara kalian yang sampai sekarang masih memilikinya atau pernah menggunakan salah satu dari jajaran handphone jadul tersebut. Lalu, tipe handphone mana yang pernah kamu pakai? Yuk, bagikan pengalamanmu di kolom komentar ;)
Indra DP
Indra DP
Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.