10 February 2017

5 Tips Aman Internetan ala "Putri Keamanan" Google


Saat ini, internet bisa dikatakan menjadi salah satu kebutuhan primer bagi semua orang. Kegiatan browsing di dunia maya atau yang biasa disebut "internetan" kini tidak hanya bisa dilakukan melalui komputer saja, melainkan juga bisa melalui smartphone ataupun juga tablet, jadi internetan bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Ada jutaan informasi yang tersebar di internet, tapi tak jarang pula informasi tersebut justru mengandung konten yang berbahaya, seperti virus, malware, phising, dan lain-lain.

Oleh karena itu, bertepatan dengan Hari Internet Aman Sedunia yang diperingati pada tanggal 7 Februari kemarin, Google memberikan berbagai tips aman untuk berselancar di internet. Menariknya, tips tersebut diberikan langsung oleh Parisa Tabriz, Director of Engineering Google, melalui sebuah sesi wawancara jarak jauh bersama awak jurnalis di Indonesia.

Parisa Tabriz
Parisa Tabriz, Director of Engineering Google
Bagi kamu yang belum tahu, Parisa Tabriz adalah seorang yang saat ini bertanggung jawab untuk menjaga sistem keamanan dari produk Chrome. Selain menjadi Director of Engineering Google, Parisa juga dikenal sebagai "Security Princess" atau "Putri Keamanan" Google. Di awal karirnya, Parisa bertugas sebagai hired hacker software engineer di tim keamanan Google. Selain bekerja di Google, Parisa juga mengajar di Harvard Kennedy School, menjabat sebagai konsultan di Gedung Putih Amerika Serikat, serta menjadi konsultan di dunia cyber security.

Oke langsung saja, dikutip dari Kompas Tekno, berikut ini 5 tips aman internetan ala Parisa Tabriz, sang 'Putri Keamanan' Google:

#1. Tetap Waspada dengan Sesuatu yang Gratis

Siapa sih yang hari gini nggak suka yang gratisan? Tentu kita semua pasti akan langsung tergoda dengan iming-iming gratisan. Ada banyak sekali hal yang "gratis" di internet, mulai dari file multimedia, jasa, dan lain-lain.

Nah, bagi kamu yang suka mencari sesuatu yang gratis di internet, sepertinya mulai sekarang kamu mesti harus berhati-hati. Karena ada beberapa pihak yang tidak bertanggungjawab mungkin akan meminta sesuatu pada pengguna terhadap hal gratis yang diberikannya. Tentu hal tersebut akan membuat keamanan saat berselancar di internet jadi berkurang.

#2. Biasakan untuk Selalu Gunakan Kata Sandi yang Berbeda

Ini sangat penting bagi kamu yang memiliki banyak akun di internet. Untuk itu, biasakan untuk selalu gunakan kata sandi atau password yang berbeda pada setiap akun milikmu. Namun, jika kamu kesulitan mengingat semua password yang telah kamu buat, gunakan saja password manager seperti yang ada di browser Google Chrome atau kamu bisa juga menggunakan aplikasi password manager dari pihak ketiga. (Baca: 4 Aplikasi Password Manager Terbaik untuk Menyimpan Password dengan Aman)

#3. Hati-hati Saat Menggunakan Komputer Bersama

Usahakan jangan masuk ke akun pribadimu jika kamu menggunakan komputer bersama, terlebih jika kamu gunakan untuk memverifikasi pengaturan keamanan akun. Dan mungkin jika kamu terpaksa melakukannya, coba aktifkan dan masukkan Email pemulihan di pengaturan akunmu. Jadi bila mungkin suatu saat terjadi sesuatu pada akun milikmu, kamu masih tetap bisa memiliki akses login melalui Email pemulihan yang telah kamu buat tadi.

#4. Ketahui Semua Aplikasi yang Terinstall

Sebaiknya kamu selalu mengetahui semua aplikasi yang terinstall di semua perangkat yang kamu miliki, seperti di komputer dan juga smartphone. Tentu hal ini untuk menghindari terinstallnya aplikasi jahat yang mengandung virus, malware, dan juga adware. (Baca juga: Cara Menginstall Software dengan Baik dan Benar)

#5. Pastikan untuk Selalu Mengupdate Program dan Aplikasi

Pastikan untuk selalu mengupdate semua program dan aplikasi yang ada di komputer maupun di smartphonemu. Biasanya developer selalu memberikan pembaruan secara berkala untuk menutupi celah keamanan pada aplikasi buatannya. Jadi, program dan aplikasi yang selalu up-to-date akan lebih terjamin keamanannya.

Itulah 5 tips aman internetan yang diberikan oleh Parisa Tabriz, sang 'Putri Keamanan' Google. Semoga bermanfaat! ;)

Sumber: Kompas Tekno