4 Aplikasi Password Manager Terbaik untuk Menyimpan Password dengan Aman


Password Manager

Bagi pengguna internet, pastinya kamu tidak jauh dengan kegiatan mengisi kata sandi atau password untuk keperluan login di situs-situs tertentu, entah itu situs sosial media, situs forum, maupun situs perbankan. Kegiatan tersebut biasanya menjadi sangat merepotkan jika kamu memasukkan password dengan kombinasi password yang rumit. Apalagi jika kamu memiliki beberapa akun dengan password yang berbeda-beda di setiap akunnya dan kamu harus selalu mengingat semua password tersebut agar tidak lupa. Hmm,, pasti jadi pusing sendiri bukan??

Baca Juga: Tips Membuat Password yang Kuat ala Microsoft

Oleh sebab itu, untuk memudahkan kamu agar tidak selalu mengingat semua password milikmu, berikut ini aku akan bagikan 4 aplikasi password manager terbaik yang siap membantu kamu untuk menyimpan semua password kamu agar lebih praktis. Karena untuk melihat semua password yang tersimpan didalam password manager, maka kamu cukup memasukkan password utama atau yang biasa disebut dengan master password. Sehingga kamu cukup mengingat satu password itu saja.

#1. LastPass

LastPass

LastPass merupakan salah satu aplikasi password manager terbaik dan cukup populer saat ini. Aku sendiri hingga saat ini masih menggunakan aplikasi ini karena kemudahan dalam penggunaannya. Karena aplikasi ini berbasis cloud, jadi kamu bisa dengan mudah melihat semua password kamu yang tersimpan melalui berbagai perangkat. LastPass memberikan perlindungan yang kuat terhadap semua password kamu karena aplikasi ini menggunakan algoritma enkripsi standar militer, yaitu AES 256bit dan PBKDF2 SHA-256. Bahkan melalui situs resminya, LastPass juga mengklaim bahwa pihaknya tidak akan pernah melihat data yang disimpan penggunanya.

Kelebihan lainnya dari LastPass adalah aplikasi ini sudah mendukung login yang memiliki sistem Two Authentication seperti saat kita login di situs Google. Aplikasi ini juga dapat menyimpan password kamu langsung dari situs akunmu, serta dapat mengisikan password secara otomatis di form saat kamu akan login, dan juga dapat mengupdate password otomatis jika kamu mengubah password di situs akunmu. LastPass tersedia dalam versi gratis dan berbayar yang langsung terintegrasi dengan browser Chrome, Firefox, Opera, Safari dalam bentuk Add-ons atau ekstensi browser.


#2. KeePass

KeePass

KeePass merupakan aplikasi passwor manager yang bersifat open source. KeePass menawarkan kemudahan dalam menyimpan dan manajemen password dengan sangat aman, karena aplikasi ini mengenkripsi data-data yang tersimpan dengan menggunakan dua algoritma enkripsi terbaik yaitu AES dan Twofish. Sehingga untuk urusan keamanan, KeePass bisa dikatakan password manager yang paling aman saat ini. Bahkan dijelaskan bahwa jika ada yang hendak mencoba membuka (decrypt) satu database saja, akan memerlukan waktu yang sangat lama.


#3. RoboForm

RoboForm

RoboForm juga merupakan salah satu aplikasi password manager terbaik didunia yang dikenal keandalannya sejak tahun 1999 lalu. RoboForm menggunakan dua algoritma enkripsi yang sangat kuat, yaitu AES dan Blowfish untuk melindungi data-data yang tersimpan dengan aman. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan browser Firefox, Google Chrome, dan Internet Explorer.

Sama seperti yang lainnya, RoboForm juga bisa membantu kamu dalam mengisi form login dan registrasi dalam satu kali klik. RoboForm tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Namun untuk yang versi gratis, kamu hanya bisa menyimpan 10 buah password saja.


#4. 1Password

1Password

1Password merupakan aplikasi password manager yang sangat fleksibel, karena dapat digunakan tanpa koneksi internet atau secara offline. Aplikasi ini memiliki fasilitas password generator yang mampu menghasilkan password yang sangat kompleks, sehingga sulit untuk ditebak. Selain itu, 1Password memungkinkan penggunanya untuk dapat berbagi password dengan teman atau kerabat yang terpercaya.

itulah 4 aplikasi password manager terbaik yang bisa kamu pilih. Dengan menggunakan salah satu aplikasi diatas maka kamu tidak perlu pusing mengingat semua username dan password di setiap akun yang kamu miliki. Dan tentunya akan menghemat waktu kamu karena tidak selalu mengetik ulang username dan password saat akan login pada situs-situs yang sering kamu kunjungi.
Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »