Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet


Merawat Laptop

  Laptop ataupun juga netbook merupakan barang elektronik yang sangat dibutuhkan pada masa ini, khususnya oleh pelajar, mahasiswa, dan para praktisi kerja. Harganya yang semakin hari semakin terjangkau, membuat Laptop menjadi pilihan utama daripada Desktop PC. Selain itu, laptop juga lebih praktis dibawa kemana-mana.
  Sama seperti perangkat elektronik lainnya, laptop juga membutuhkan perlakuan khusus. Karena jika terjadi kerusakan pada laptop, akan  dapat mengganggu produktivitas penggunanya. Untuk itu, berikut ini aku akan membagikan beberapa tips merawat laptop atau Netbook agar tetap awet :

#1. Jangan Letakkan Laptop di Sembarang Tempat

Hal ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti: resiko laptop terinjak (jika diletakkan di lantai), resiko laptop terjatuh (jika diletakan di tempat yang tinggi). Oleh sebab itu, tempatkan laptop di tempat yang aman dan juga terhindar dari jangkauan anak-anak.

#2. Jangan Letakkan Laptop Di Atas Permukaan yang Lunak

Pada aat mengoperasikan laptop jangan letakan laptop pada permukaan yang lunak/empuk. Seperti karpet, sofa dan tempat tidur. Karena kebiasaan tersebut akan menghambat lubang saluran sirkulasi udara pada laptop dan menyebabkan komponen hardware laptop cepat panas (overheat). Oleh sebab itu, pastikan kamu memberikan alas yang keras dibawah laptop agar lubang sirkulasi udara menjadi lancar.
Dan aku sarankan juga untuk menggunakan kipas pendingin (cooling pad) agar komponen hardware laptop tetap dingin.

#3. Gunakan Stabilizer Saat Menggunakan Laptop

Jika kamu menggunakan laptop tanpa baterai, di sarankan menggunakan stabilizer agar laptop tidak cepat rusak karena tegangan listrik yang tidak stabil.

#4. Jangan Menutup Layar Laptop Dalam Keadaan Menyala

Jangan terlalu sering menutup layar laptop saat masih dalam keadaan menyala. Karena hal itu dapat menyebabkan LCD/Monitor laptop menjadi cepat rusak.

Baca Juga:
Cara Agar Laptop Tetap Hidup Ketika Layar Ditutup
Cara Membuat Laptop Shutdown Otomatis Ketika Flip di Tutup

#5. Jangan Letakkan Benda Apapun Diantara Keyboard dan Layar Laptop 

Pastikan bahwa kamu tidak meletakkan apapun diatas keyboard laptop, karena hal ini untuk menghindari goresan pada layar laptop saat kamu lupa dan menutup laptop.

#6. Jangan Meletakkan Benda Cair Apapun di Samping Laptop

Meletakan minuman atau benda cair lainnya akan menimbulkan resiko yang besar. Karena jika tidak sengaja tertumpah lalu mengenai laptop, maka membuat komponen hardware akan rusak.

#7. Istrirahatkan Laptop Selama Beberapa Menit

Jika kita memiliki tugas atau pekerjaan sedang menumpuk, pastinya kita akan seharian penuh di depan laptop. Dan tanpa kita sadari laptop juga turut bekerja keras. Untuk itu, selalu  istirahatkan laptop kamu 15-30 menit setiap beberapa jam sebelum dipakai lagi agar kondisi laptop tetap optimal.

#8. Pastikan Untuk Selalu Menjaga Kebersihan Laptop

Selalu bersihkan laptop secara berkala, karena debu yang masuk pada laptop dapat mengakibatkan kerusakan pada laptop, dan tidak jarang juga dapat mengakibatkan hubungan arus pendek (korsleting) pada laptop.

#9. Pastikan Menginstall Software yang Terpercaya

Banyak sekali software yang tersebar luas di internet. Mulai dari software gratis hingga berbayar. Dan banyak juga software yang telah disusupi malware yang dapat menyebabkan masalah serius pada laptop. Untuk itu, pastikan untuk selalu menginstall software dari developer yang terpercaya.

Baca juga:
Tips Sebelum Mendownload Software di Internet
Cara Menginstall Software dengan Baik dan Benar

#10. Selalu Gunakan Anti Virus yang Terupdate

Jika laptop kamu sering digunakan untuk sharing data atau untuk browsing internet. Maka sebaiknya gunakan anti virus yang terupdate. Karena untuk menghindari virus, worm dan threat2 lainnya yang dapat mengakibatkan kerusakan system ataupun juga laptop.

Baca juga:
Tips Agar Komputer Terhindar Dari Serangan Virus dan Malware
Cara Menghindar dari Serangan Keylogger

  Itulah beberapa tips merawat laptop agar tetap awet. Semoga tips diatas dapat membantu menjaga keawetan laptop kamu. Jika kamu memiliki tips lainnya dapat kamu bagikan dikolom komentar.

Semga bermanfaat..

Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »