Skip to main content

5 Manfaat Membeli Asuransi Penerbangan, Salah Satunya Klaim Pesawat Delay

5 Manfaat membeli asuransi penerbangan, salah satunya klaim pesawat delay
Bepergian dengan pesawat. (image: pexels.com)

Asuransi penerbangan menjadi salah satu hal yang harus dimiliki ketika memutuskan bepergian dengan menggunakan pesawat. Maklum saja, asuransi yang satu ini dapat menanggung berbagai risiko yang akan dihadapi selama perjalanan. Baik risiko perubahan jadwal perjalanan, kecelakaan bahkan sampai kehilangan harta benda.

Produk proteksi yang satu ini sangat penting agar perjalanan yang kita miliki lebih aman dan nyaman. Bahkan, sejumlah negara tujuan mewajibkan wisatawan agar membeli asuransi ini terlebih dahulu. Jika kamu memiliki rencana untuk bepergian dengan pesawat, tidak ada salahnya memahami terlebih dahulu manfaat dari asuransi ini melalui ulasan berikut.

Manfaat Membeli Asuransi Penerbangan

Berikut sejumlah manfaat yang akan kamu dapatkan ketika membeli asuransi penerbangan.

1. Memperoleh kompensasi jika perjalanan tidak nyaman

Perlu diketahui, asuransi yang satu ini akan menanggung berbagai ketidaknyamanan ketika berada di perjalanan seperti keterlambatan pesawat, pembatalan penerbangan dan yang lainnya.

Bila penerbangan yang kamu pesan mendadak batal, asuransi akan memberikan sejumlah kompensasi. Umumnya, kompensasi yang diberikan berbeda-beda, bergantung dari ketidaknyamanan yang dihadapi seperti gratis menginap di hotel maupun uang tunai.

2. Klaim pesawat delay

Delay pesawat terbang menjadi salah satu momok yang menakutkan. Baik saat bepergian untuk keperluan bisnis maupun saat pergi berlibur. Sebenarnya, untuk mengurangi kerugian dari risiko delay ini, kamu dapat membeli asuransi penerbangan.

Nantinya, asuransi ini akan memberikan sejumlah kompensasi ketika pesawat yang kamu naiki terkena delay. Namun, tentu saja delay yang dimaksud harus sesuai dengan peraturan. Seperti minimal delay selama 2 jam, kamu akan diberi kompensasi berupa uang tunai, kemudian delay selama 6 jam atau lebih, kamu akan diberi kompensasi menginap gratis di penginapan.

3. Ganti rugi atas kehilangan bagasi atau uang

Saat pergi dengan menggunakan pesawat, risiko bagasi rusak, datang terlambat atau bahkan hilang akan tetap ada. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena asuransi ini akan menanggung risiko dengan memberi sejumlah ganti rugi.

Bukan hanya itu, kehilangan uang serta dokumen seperti paspor tentu akan begitu merepotkan. Nantinya, perusahaan asuransi akan memberikan kamu uang tunai untuk kompensasi serta biaya pengurusan dokumen.

4. Memperoleh bantuan hukum

Walaupun tidak semua, tetapi sejumlah produk asuransi memberikan penawaran pertanggungjawaban hukum seperti bantuan hukum. Contohnya, kamu mengalami kasus hukum ketika berada di pesawat atau ketika akan menempuh perjalanan. Nantinya, kamu akan memperoleh santunan yang berasal dari asuransi agar dapat membayar pengacara.

5. Kompensasi biaya perawatan hingga santunan kematian

Manfaat yang terakhir adalah kompensasi atau pertanggungan untuk biaya perawatan medis ketika terjadi kecelakaan serta evakuasi darurat bila negara kunjungan sedang mengalami kerusuhan.

Sehingga, asuransi ini cukup mirip dengan jenis asuransi kecelakaan. Bahkan, bila kecelakaan yang dialami oleh pemegang polis menimbulkan kematian, nantinya asuransi akan memberi proteksi jiwa dengan memberi sejumlah uang santunan pada ahli waris.

Sudah Tahu Manfaat Asuransi Penerbangan?

Manfaat yang akan kita dapatkan ketika membeli asuransi penerbangan memang begitu banyak. Namun, manfaat tersebut tidak akan maksimal bila tidak memilih asuransi yang tepat. Salah satu perusahaan asuransi terpercaya yang dapat dijadikan sebagai pilihan adalah Asuransi Simas Insurtech.

Simas Insurtech memiliki produk Fly Insurtech yang akan melindungi kamu dari sejumlah risiko buruk yang dapat terjadi ketika menempuh perjalanan. Perlindungan yang akan diperoleh seperti jaminan lengkap, dengan jaminan risiko keterlambatan serta santunan kecelakaan selama menempuh perjalanan.

Kemudian terdapat jaminan flight delay yakni memberikan jaminan risiko keterlambatan. Jadi, tunggu apalagi? Pilih Fly Insurtech saat mencari asuransi pesawat yang terpercaya!

Indra DP
Indra DP
Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.