--> Skip to main content

Apa Itu Backlink? Manfaat dan Cara Dapatkan Backlink Berkualitas


ilustrasi Backlink

Bagi yang berkecimpung di dunia teknologi informasi, khususnya dalam pengelolaan website atau blog, tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah backlink. Backlink sendiri merupakan salah satu faktor penting dalam proses optimasi website di mesin pencarian atau sering disebut dengan SEO (Search Engine Optimization).

Apa itu Backlink?

Backlink merupakan istilah untuk tautan/link dari suatu situs yang mengarah kedalam halaman atau situs web. Link ini sengaja "ditanamkan" ke website lain dan mengarahkannya ke website yang ingin dioptimasi.

Contohnya, si A membuat sebuah link didalam artikel di websitenya. Link tersebut dibuat mengarah ke website si B dengan tujuan untuk memberikan referensi tambahan. Aktivitas memasang link dari suatu website ke website lainnya juga sering disebut dengan link building. Jadi dalam kegiatan link building, ada pihak pemberi backlink dan ada pihak penerima backlink.

Manfaat Backlink untuk Website/Blog

Setelah kita mengetahui apa itu Backlink, sekarang kita akan membahas manfaat apa saja yang bisa didapatkan dengan membangun backlink untuk website/blog kita.

1. Meningkatkan kredibilitas website/blog di search engine

Singkatnya, backlink dapat memberitahukan search engine, contohnya Google bahwa situs web yang kita miliki merupakan suatu situs yang terpercaya dan memberikan informasi yang benar-benar diinginkan oleh pembaca.

Karena semakin banyak backlink yang diterima oleh website/blog, maka situs web kita ini akan dianggap semakin berkualitas. Karena mendapat banyak referensi dari situs lain.

2. Meningkatkan traffic website/blog

Hal ini jelas merupakan salah satu keuntungan dalam membangun backlink. Semakin banyak backlink yang kita dapat dari berbagai situs web yang memberikan backlink, maka semakin besar peluang kita untuk meningkatkan traffic website/blog karena banyaknya website/blog lain yang merekomendasikan audience mereka untuk melihat website/blog kita.

3. Meningkatkan brand awareness

Ini juga hal yang menguntungkan untuk kita sebagai pemilik website/blog yang diberikan backlink dari situs web lain. Situs web lain yang menautkan link ke situs web kita pastinya akan memberikan referensi ke para audiencenya dan juga dengan hal tersebut mereka akan lebih aware dengan situs web milik kita.

Cara mendapatkan Backlink berkualitas untuk website/blog

Semakin banyak backlink bukan berarti website/blog kita akan memiliki reputasi baik di mata search engine. Hanya backlink yang memiliki kualitas baik yang dapat berpengaruh positif terhadap Search Engine Results Pages (SERP) dan SEO website/blog yang kita kelola.

Sebab, jika website/blog memiliki backlink buruk, maka tentu saja akan berdampak buruk pula terhadap perkembangan website/blog kita. Salah satu contoh backlink buruk biasanya didapatkan dari spam di kolom komentar website lain.

Cara mendapatkan backlink berkualitas sangatlah mudah, kita bisa membeli backlink situs penyedia jasa backlink. Nah salah satu rekomendasi situs penyedia jasa backlink adalah Mediabacklink.

Mediabacklink merupakan perusahaan digital advertising agency yang menyediakan jasa backlink berkualitas dan terpercaya.

Mediabacklink memiliki banyak website/blog kredibel dari berbagai topik (niche) yang sebelumnya telah melalui proses seleksi. Hal ini bertujuan agar pihak pembeli backlink hanya akan mendapatkan backlink berkualitas untuk situs webnya.

Selain itu, di Mediabacklink kita bisa memilih sendiri website/blog yang ingin kita inginkan untuk tempat "menanam" backlink yang mengarah ke website/blog kita, sehingga kita bisa menyesuaikan blog berdasarkan topik yang relevan, skor Domain Authority (DA) / Page Authority (PA), jumlah index web di Google, hingga harga backlink yang ditawarkan.

Dan jika kamu seorang Blogger yang ingin menambah penghasilan dari kegiatan blogging, Mediabacklink juga menjadi pilihan yang sangat menguntungkan. Di Mediabacklink kamu bisa menjual backlink dengan harga yang kompetitif dengan cara mendaftarkan blog kamu di Mediabacklink.

Namun jika kamu ingin mendapatkan rate harga yang tinggi maka kamu harus meningkatkan kualitas blog milikmu. Sebab Mediabacklink yang akan menentukan secara langsung harga backlink dari suatu blog dengan berdasarkan skor DA, PA, Alexa dan jumlah artikel yang terindeks oleh Google.

Indra DP
Indra DP

Seorang Freelance Graphic Designer dan Blogger. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.