--> Skip to main content

Cara Melakukan Perawatan Trafo Listrik


Cara Melakukan Perawatan Trafo Listrik

Trafo atau transformator merupakan salah satu perangkat kelistrikan statis yang berfungsi mentransfer energi listrik dari satu rangkaian ke rangkaian lainnya. Pemakaian trafo biasanya untuk menambah atau menurunkan level tegangan listrik antar rangkaian.

Trafo bisa Anda temukan pada setiap energi listrik yang menggunakan arus bolak-balik atau disebut sebagai alternating current (AC).

Perangkat listrik bernama trafo ini melakukan penukaran tegangan arus yang terdapat pada suatu rangkaian dengan tidak mempengaruhi daya listrik total. Hal tersebut berarti trafo bekerja dengan membutuhkan listrik bertegangan tinggi dengan arus kecil yang kemudian akan diubah menjadi listrik bertegangan rendah, atau sebaliknya.

Agar trafo berfungsi semestinya, perlu dilakukan perawatan secara rutin. Ada beberapa cara yang harus dilakukan dalam perawatan trafo.

Kontrol Luar Sisi Trafo

Lakukan pengecekan secara menyeluruh pada tangki trafo termasuk juga sisi yang pernah di las dan baut atau mur. Pastikan tidak ada yang bocor dan sambungan kabel dalam keadaan aman. Cek pula ketersediaan silica gel pada breather sekurang-kurangnya tiga perempat harus berwarna biru.

Lakukan Pembersihan Pada Trafo

Lakukan pembersihan pada terminal isolator menggunakan kain pembersih dan usah akan kain tersebut tidak basah. Lakukan pembersihan pula pada tangki dan radiator trafo.

Untuk pembersihan debu, gunakan air compressor atau angin yang bertekanan sehingga bisa lebih mudah dan keringkan dengan angin dan jika ditemukan sisi berkarat maka hapuslah karet tersebut menggunakan amplas.

Kontrol Perlengkapan Trafo

Lakukan juga pengecekan perlengkapan secara menyeluruh untuk mengetahui perlengkapan tersebut masih berfungsi dengan baik atau tidak.

Pemeliharaan trafo secara berkala

Trafo juga perlu dilakukan perawatan berkala, mulai dari perawatan harian, mingguan, bulanan, 6 bulanan, dan perawatan tahunan. Langkah-langkah melakukan perawatan secara berkala bisa mengikuti sebagaimana yang disarankan pada https://sewatama.com/id/.

Jika Anda tidak paham bagaimana cara perawatan trafo listrik dengan benar, Anda bisa menggunakan jasa perawatan trafo listrik. Pilihlah vendor yang memberikan servis baik dan memiliki rekam jejak yang baik.

Anda bisa mempercayakan perawatan trafo listrik kepada Sewatama, yang sudah berpengalaman dalam bidang pelayanan kelistrikan selama lebih dari 22 tahun. Info lebih lanjutnya bisa Anda akses melalui website sewatama.com.

Indra DP
Indra DP

Seorang Freelance Graphic Designer dan Blogger. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.

Buka Kolom Komentar
Tutup Kolom Komentar