Skip to main content

Cara Mengetahui Komputer Pakai BIOS atau UEFI di Windows


BIOS dan UEFI

Jika kamu hobi mengutak-atik komputer, maka kamu sudah tidak asing lagi dengan BIOS dan UEFI. Ya, kedua firmware tersebut merupakan elemen penting untuk mendukung jalannya suatu perangkat keras (hardware) dan sistem operasi pada komputer.

BIOS sendiri merupakan singkatan dari Basic Input Output System yang disimpan dalam chip di bagian tertentu didalam motherboard dan pada dasarnya untuk membantu me-load sistem operasi dan mendeteksi hardware. saat komputer akan dijalankan, BIOS diciptakan pertama kali sebagai firmware komputer yang mendukung sistem operasi hingga 32-bit .

Umumnya, BIOS digunakan pada komputer lama. Dan untuk boot mode, BIOS menggunakan tipe Legacy dengan sistem partisi MBR (Master Boot Record).

BIOS
BIOS

Sedangkan untuk UEFI, UEFI merupakan singkatan dari Unified Extensible Firmware Interface. Ini adalah pengembangan dari BIOS dengan fitur yang lebih canggih. Biasanya, komputer keluaran terbaru sudah menggunakan firmware ini.

UEFI sendiri pertama kali diperkenalkan oleh Intel yang awalnya hadir sebagai Intel Boot Initiative yang kemudian berganti nama menjadi EFI. Setelah itu diambil alih oleh Unified EFI Forum yang kemudian berkembang menjadi UEFI.

UEFI mendukung arsitektur 32-bit dan 64-bit dan dapat memanfaatkan RAM lebih banyak untuk melakukan proses yang lebih rumit daripada BIOS.

Berbeda dengan BIOS, UEFI memiliki tampilan interface yang lebih menarik dan mendukung mouse, serta menawarkan startup yang lebih cepat, sistem keamanan yang lebih baik, dan dukungan networking yang lebih baik.

UEFI
UEFI

UEFI juga mendukung kapasitas harddisk hingga 9ZB sedangkan BIOS hanya maksimal 2TB. Selain itu, UEFI juga mendukung mode sistem partisi MBR (Master Boot Record) dan GPT (Guid Partition Table).

Nah, jika kamu ingin mengetahui komputer milikmu menggunakan BIOS atau UEFI, berikut ini adalah caranya:

Pertama, tekan tombol Win + R secara bersamaan untuk membuka Windows Run lalu ketikkan MSInfo32 dan tekan Enter.

Cara Mengetahui Komputer Pakai BIOS atau UEFI di Windows

Setelah window System Information terbuka, silakan lihat pada menu BIOS Mode. Jika komputer kamu menggunakan BIOS, maka akan tertulis Legacy. Jika menggunakan UEFI maka akan tertulis UEFI.

Cara Mengetahui Komputer Pakai BIOS atau UEFI di Windows

Berikut ini versi video tutorialnya:


Indra DP
Indra DP

Seorang Freelance Graphic Designer dan Blogger. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.

Buka Kolom Komentar
Tutup Kolom Komentar