01 August 2019

MediaTek Resmi Perkenalkan Chipset Khusus Gaming, Helio G90 Series — Inilah Keunggulannya


Helio G90 Series

MediaTek baru saja resmi memperkenalkan chipset terbarunya, Helio G90 Series. Ada dua chipset Helio G90 Series, yakni Helio G90 dan Helio G90T. Kedua chipset tersebut dirancang eksklusif untuk smartphone Gaming.

Untuk mendukung kinerjanya, Helio G90 Series telah digabungkan dengan teknologi HyperEngine yang juga dikembangkan oleh MediaTek. Teknologi HyperEngine ini nantinya akan meningkatkan kualitas gambar dan konektivitas yang lebih stabil.

Baik Helio G90 dan Helio G90T, kedua chipset tersebut menggunakan 2-core ARM Cortex-A76 dan 6-core ARM Cortex-A55. CPU tersebut dipadukan dengan GPU Mali-G76 dengan kecepatan hingga 800 MHz. Chipset ini menggunakan teknologi fabrikasi 12nm dengan clockspeed hingga 2,05 GHz.

Untuk mendukung sektor fotografi, MediaTek Helio G90 Series memiliki dukungan terhadap kamera tunggal hingga 64 MP, serta kombinasi multi-kamera. Chipset ini menghasilkan preview real-time yang mulus dan kualitas gambar yang optimal dalam kondisi pencahayaan rendah alias low-light dengan mode pemotretan malam yang menggunakan teknologi quad pixel.

Selain itu, ada juga dukungan kinerja AI kelas tinggi untuk menghasilkan perintah yang lebih cepat dan mulus, serta kemampuan deteksi Al untuk sistem pengenalan wajah akan jadi lebih cepat.

Berdasarkan data terbaru, ternyata chipset MediaTek Helio G90 series ini mampu mengalahkan chipset milik Qualcomm yakni Snapdragon 730 yang juga merupakan chipset untuk Gaming.

Untuk Helio G90 Series meraih total skor di AnTuTu mencapai angka 222.282, sedangkan chipset milik Qualcomm, Snapdragon 730 hanya mendapatkan skor 211,915.

Belum diketahui smartphone Android mana yang akan menggunakan chipset Gaming dari MediaTek ini. Tapi kabarnya, Xiaomi melalui sub-brandnya, Redmi bakal menjadi smartphone pertama yang akan pertama menggunakan chipset tersebut itu pada smartphone terbaru mereka nanti.