20 June 2019

Universitas Swasta di Bandung yang Menawarkan Jurusan Agribisnis dan Teknologi Pangan


Agribisnis

Apakah kamu pernah mendengar jurusan kuliah Agribisnis? Jika iya, berarti kamu sudah cukup familiar dengan jurusan kuliah yang sedang naik daun ini. Ya, program studi Agribisnis ini menawarkan ilmu tentang seluk beluk usaha atau bisnis dengan memanfaatkan pertanian sebagai komoditas, mulai dari pengusahaan produksi pertanian hingga pengelolaan hasil pertanian.

Agribisnis memadukan ilmu Soshum dan Saintek, hal tersebut karena mahasiswa akan mempelajari semua hal tentang pertanian dan segala aspek budidaya, mulai dari pengolahan hasil pertanian, manajemen usaha, kewirausahaan hingga pemasaran produk.

Sayangnya Agribisnis cenderung sepi peminat sebab mereka cenderung memandang jurusan Agribisnis lekat dengan pekerjaan di sawah. Padahal sebenarnya program studi Agribisnis ini memiliki peluang yang sangat menjanjikan yang tak kalah dengan program studi lainnya.

Salah satu peluang yang didapatkan lulusan Agribisnis adalah dapat menciptakan lapangan kerja baru. Selain itu, lulusan ini juga memiliki prospek kerja yang cerah. Sebab ada banyak prospek kerja yang menunggu di luar sana, seperti penyuluh pertanian, pengembangan SDM, manager lapangan dan lain-lain.

Program studi Agribisnis ini juga sangat erat hubungannya dengan Teknologi Pangan. Untuk Teknologi Pangan sendiri merupakan program studi yang mempelajari proses produksi makanan dan memastikan makanan yang diproduksi tetap aman untuk dikonsumsi dan memenuhi kebutuhan gizi konsumen.

Teknologi Pangan

Di program studi Teknologi Pangan ini, para mahasiswa akan mempelajari bagaimana teknologi pengawetan, pemrosesan, pengemasan, penyimpanan, hingga produk makanan tersebut sampai di tangan konsumen untuk di konsumsi.

Tak kalah dengan Agribisnis, program studi Teknologi Pangan juga memiliki prospek kerja yang juga cerah. Sebab, industri yang bergerak di bidang pengolahan pangan sangat membutuhkan lulusan Teknologi Pangan sebagai ahli quality control yang memeriksa dan melakukan pengecekan terhadap kualitas bahan baku, alat, dan produk yang dihasilkan, juga sebagai pengembang produk yang dapat menyumbang inovasi baru untuk produk-produk yang dihasilkan.

Saat ini ada beberapa universitas di Indonesia yang menawarkan jurusan Agribisnis dan juga Teknologi Pangan.

Nah, jika kamu mencari jurusan Agribisnis di Bandung, ada salah satu universitas swasta terbaik di Bandung yang bernama Universitas Al Masoem atau yang sekarang lebih dikenal dengan sebutan “Masoem University” yang juga menawarkan jurusan Agribisnis.

Masoem University

Di Masoem University mencetak lulusan yang berkualitas dalam bidang Agribisnis. Diantaranya manager Agribisnis yang inovatif, profesional, dan mandiri; pengusaha Agribisnis yang inovatif, handal dan kompetitif; hingga pemimpin lembaga Agribisnis yang memiliki jiwa kewirausahaan dan kepemimpinan yang transformatif.

Selain jurusan Agribisnis, Masoem University juga merupakan salah satu universitas swasta yang menawarkan jurusan Teknologi Pangan di Bandung.

Jurusan Teknologi Pangan di Masoem University menawarkan berbagai keahlian yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan pangan seperti diantaranya Quality Control dan Quality Development.

Selain itu, para lulusan Teknologi Pangan di Masoem University juga akan dibekali dengan keahlian di bidang kuliner sehingga nantinya mereka dapat merintis karir menjadi pengusaha kuliner.

Masoem University berlokasi di daerah Bandung Timur, tepatnya di Jl. Raya Cipacing No. 22 Jatinangor 45363 Jawa Barat yang berbatasan langsung dengan kawasan pendidikan Jatinangor. Lokasi kampus juga sangat strategis dan sangat dekat dengan kawasan industri.

Bagaimana? Tertarik untuk kuliah di Masoem University? Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi melalui telepon (022) 7798340 atau bisa juga melalui WhatsApp di nomor 08156033022.

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Indra's Blog dengan masoemuniversity.ac.id.