28 April 2019

5+ Hal Keren yang Bisa Kamu Lakukan di Windows 10


Windows 10

Windows 10 adalah sistem operasi terbaru yang menjadi salah satu andalan Microsoft saat ini. Tidak seperti pendahulunya Windows 8 yang gagal menarik minat pengguna. Kali ini Microsoft berhasil menjaring hampir semua penggunanya untuk beralih ke Windows 10.

Bahkan, pengguna yang sebelumnya masih banyak yang menggunakan Windows 7, saat ini juga mulai banyak yang beralih ke Windows 10.

Salah satu alasan yang membuat banyak pengguna beralih ke Windows 10 adalah fiturnya yang keren. Namun tidak hanya fitur, Microsoft juga intens fokus pada performa semenjak "gagalnya" Windows 8 di pasaran. Hal ini menjadikan Windows 10 terasa lebih ringan dibandingkan dengan versi Windows sebelumnya.

Diantara banyaknya hal baru di Windows 10, ada beberapa hal yang menurut saya menarik. selain menarik, fitur ini juga sangat berguna untuk menunjang produktivitas kamu. Dan berikut ini ada 5+ hal keren yang bisa kamu lakukan di Windows 10:

#1. Enkripsi Drive dan Flashdisk

Bitlocker Windows 10

Di Windows 10 kita bisa mengamankan Drive maupun Flashdisk dengan mudah tanpa perlu aplikasi tambahan. Fitur ini menurut saya adalah fitur yang paling keren namun masih jarang orang yang mengetahuinya.

Jika dulu kita menggunakan notepad yang diubah ke file berekstensi .bat untuk memberikan password pada folder Windows. Sekarang tidak perlu menggunakan cara "jadul" tersebut. Selain "jadul", cara tersebut juga terlalu mudah dibobol. Karena meski saya tidak tahu apa passwordnya, saya masih bisa mengaksesnya dengan mengedit file .bat tersebut.

Sekarang di Windows 10 kita bisa memanfaatkan fitur BitLocker Drive Encryption untuk mengamankan semua data penting (pribadi). Prinsip kerjanya adalah kita membuat satu partisi harddisk yang digunakan untuk menyimpan data penting (pribadi) tersebut, kemudian kita memberikan password dengan bantuan Bitlocker.

Untuk tutorial selengkapnya, silakan baca artikel mengenai cara mudah mengunci file atau folder di Wndows 10 dengan Bitlocker

#2. Beralih ke Tampilan Dark Mode

Dark Mode Windows 10

Dark Mode atau mode gelap adalah dambaan setiap pengguna Windows. Jika dulu untuk bisa menikmati tampilan ini kita perlu menggunakan skin pack, sekarang mulai dari versi Windows 10 Build 1809 kita bisa mengaktifkan Dark Mode dengan sangat mudah.

Caranya, cukup ketikkan “Dark Mode Setting” pada pencarian Windows, kemudian buka. lalu scroll kebawah pada bagian “Choose your default app mode” dan pilih Dark. Maka Dark Mode sudah bisa kamu terapkan.

#3. Preview File Lebih Cepat Layaknya MacOS

Quick Look Windows 10

Hal keren selanjutnya yaitu kamu bisa melakukan preview file lebih cepat dengan aplikasi Quick Look. Aplikasi ini mirip dengan fitur preview yang ada pada MacOS dimana fungsinya yaitu untuk melihat sekilas (preview) file jenis apapun secara cepat.

Aplikasi ini memang aplikasi dari pihak ketiga bukan aplikasi buatan Microsoft. Tapi tidak usah khawatir tentang keamanannya karena aplikasi ini ada di Windows Store.

Selain itu, ukurannya juga kecil dan jika sudah sering dibuka nyaris tanpa loading untuk preview file.

#4. Windows Timeline

Windows Timeline Windows 10

Hal keren selanjutnya yang ada di Windows 10 adalah Windows Timeline. Windows Timeline dapat di akses melalui tombol Timeline yang berada di Taskbar atau bisa juga dengan shortcut tombol Win + Tab. Fitur ini secara garis besar akan menampilkan tentang semua riwayat aplikasi maupun file yang telah kita buka.

Selain bisa digunakan untuk melihat aplikasi dan file yang baru-baru kita buka, fitur ini juga memungkinkan kita untuk beralih ke desktop lain. Semacam virtual desktop lah!

Jadi jika kamu pusing melihat banyak aplikasi terbuka atau ingin mengerjakan proyek khusus, kamu bisa membuat desktop baru dengan cara klik tombol New Dekstop yang berada di Windows Timeline.

#5. Split Screen

Spit Screen Windows 10

Fitur split screen sangat bermanfaat saat kita sedang multitasking. dimana kita bisa membuka dua aplikasi atau lebih dalam satu layar. Hal ini akan membuat pekerjaan yang kita lakukan menjadi lebih mudah dan cepat.

Untuk menampilkan dua aplikasi dalam satu layar gunakan tombol Win + panah kiri / panah kanan. Kamu juga dapat mengatur lebarnya window secara manual dengan menarik batas aplikasi kekiri atau kekanan.

#6. Screenshot Sesuka Hati

Fitur screenshot memang sudah ada sejak Windows terdahulu. Namun fitur ini berbeda pada Windows 10. Lantas apa bedanya?

Bedanya jika dulu screenshot sesuka hati hanya bisa dilakukan dengan terlebih dahulu membuka aplikasi Snipping Tool, maka di Windows 10 sekarang bisa dilakukan dengan mudah, yaitu dengan kombinasi tombol Win + Shift + S, lalu kemudian hasilnya bisa kamu paste-kan di aplikasi Paint. Jauh lebih mudah dan cepat!

**Artikel ini merupakan kiriman dari Tedi Eka, penulis blog Tedi Eka (www.tedieka.com).