05 March 2019

iQOO Resmi Dirilis, Smartphone Gaming Pertama Buatan Vivo


iQOO

Beberapa waktu lalu, Vivo resmi merilis smartphone gaming pertamanya yang bernama iQOO. Dan sekedar info, iQOO sendiri adalah sub-brand baru dari Vivo yang merupakan singkatan dari "I Quest On and On".

Sama seperti smartphone gaming lainnya, iQOO juga memiliki spesifikasi kelas atas untuk menunjang performanya dalam memainkan game mobile.

iQOO sendiri ditenagai oleh prosesor Snapdragon 855 serta memiliki empat varian konfigurasi RAM dan memori internal, yakni 6GB / 128GB, 8GB / 128GB, 8GB / 256GB, dan varian tertinggi 12GB / 256GB.

Smartphone gaming ini menjalankan OS Android 9.0 Pie dengan antarmuka Funtouch OS 9 serta ditopang oleh baterai berkapasitas 4000 mAh dengan dukungan fast charging 44W, khusus untuk varian 6GB/128GB hanya mendukung fast charging 22,5W.

Beralih dari segi desain, iQOO mengusung layar AMOLED seluas 6,4 inchi beresolusi Full HD+ dengan rasio screen-to-body mencapai 91,7% serta memiliki notch waterdrop untuk modul kamera depan beresolusi 12 MP.

Sedangkan pada panel belakangnya terdapat lampu LED "Halo Light Strip" yang otomatis akan menyala ketika pengguna telah berhasil menyelesaikan level tertentu saat bermain game. Ada dua pilihan warna yang tersedia untuk iQOO, yakni Electro-optic Blue dan Lava Orange.

iQOO

Di sektor fotografi, iQOO dibekali triple-camera belakang yang masing-masing beresolusi 12 MP, sensor Sony IMX363 + wide-angle 13 MP + depth sensor 2 MP.

Sebagai smartphone gaming, tentu saja iQOO dibekali dengan berbagai fitur pendukung untuk memanjakan para gamer. Diantaranya yaitu Center Turbo dan Game Turbo yang memprioritaskan sistem sumber daya untuk keperluan game.

Multi Turbo untuk menawarkan pengalaman bermain game dengan lebih baik, AI Turbo untuk meningkatkan performa game, Net Turbo untuk keperluan perpindahan koneksi dari Wi-Fi ke data seluler saat bermain game, Cooling Turbo agar perangkat tidak cepat panas saat bermain game, dan terakhir ada tombol khusus gaming yang terletak di samping perangkat.

iQOO

Selain itu, iQOO juga dilengkapi dengan audio gaming 4D 2.0. Fitur ini akan meningkatkan haptic feedback serta audio surround sound saat bermain game.

Fitur lain yang turut tersemat antara lain sensor fingerprint di dalam layar, konektivitas NFC dan Jovi Virtual Assistant.

Dengan segudang fitur gaming tersebut, Vivo juga mengumumkan jika iQOO menjadi smartphone resmi untuk King Pro League (KPL).

Penasaran dengan harganya? Berikut ini detail harganya untuk masing-masing varian iQOO:
  • Varian 6GB / 128GB: 2998 Yuan (Rp 6,4 jutaan)
  • Varian 8GB / 128GB: 3298 Yuan (Rp 7 jutaan)
  • Varian 8GB / 256GB: 3598 Yuan (Rp 7,6 jutaan)
  • Varian 12GB / 256GB: 4298 Yuan (Rp 9 jutaan)
Kabarnya, iQOO baru akan dijual di China mulai 6 Maret melalui sejumlah situs online setempat. Belum ada informasi mengenai ketersediannya secara global.