17 March 2019

ASUS Zenfone Max Shot dan Zenfone Max Plus M2 Resmi Dirilis, Smartphone Pertama dengan Snapdragon SiP 1


ASUS Zenfone Max Shot dan Zenfone Max Plus M2

ASUS kembali resmi merilis dua smartphone terbarunya di Brazil, yakni Zenfone Max Shot dan Zenfone Max Plus M2. Menariknya, kedua smartphone ini adalah yang pertama menggunakan prosesor Snapdragon SiP 1.

Apa itu Snapdragon SiP 1?

Sebagai informasi, Snapdragon SiP 1 merupakan prosesor terbaru yang dirancang berkat kerja sama antara Qualcomm Technologies dengan Universal Scientific Industrial (Shanghai) dan Pemerintahan Brazil.

Adapun nama SiP sendiri merupakan singkatan dari "System-in-Package" yang mengintegrasikan beberapa komponen sekaligus kedalam satu chip. Jadi, didalam chip Snapdragon SiP 1 ini memuat komponen GPU, ISP, DSP, modem, RF front end, audio codec, RAM dan storage.

Untuk spesifikasinya, performa Snapdragon SiP 1 sama seperti Snapdragon 450. Prosesor ini dibangun dengan fabrikasi 14 nanometer, memiliki delapan inti dengan kecepatan maksimal 1,8 GHz dan GPU Adreno 506.

Keunggulan dari digunakannya Snapdragon SiP 1 ini memungkinkan desain perangkat menjadi lebih ringkas dan tipis sehingga sisa ruang komponen dapat digunakan untuk menampung komponen tambahan lainnya, seperti baterai lebih besar hingga slot memori eksternal yang terpisah.

ASUS Zenfone Max Shot

ASUS Zenfone Max Shot

ASUS Zenfone Max Shot hadir dengan layar IPS seluas 6,2 inchi inchi beresolusi Full HD+ lengkap dengan notch yang memuat kamera depan beresolusi 8 MP dan LED Flash.

Sementara di bagian belakangnya terdapat tiga kamera utama yang memiliki konfigurasi lensa 12 MP (f/1.8), sensor Sony IMX486 + ultra wide-angle 8 MP dengan sudut pandang 120° + depth sensor 5 MP. Terdapat pula sensor fingerprint sebagai fitur keamanan.

Untuk sektor performa, prosesor Snapdragon SiP 1 pada Zenfone Max Shot ini dipadukan dengan pilihan RAM 3GB / 4GB, memori internal 32GB / 64GB, dengan baterai yang 4000 mAh serta dukungan fast charging 10W. Sistem operasi smartphone ini masih menggunakan Android 8.1 Oreo.

Untuk harganya, Zenfone Max Shot varian 3GB / 32GB dibanderol seharga RBL 1349 (sekitar Rp 5 jutaan), sedangkan varian 4GB / 64GB dibanderol seharga RBL 1699 (sekitar Rp 6 jutaan).

Zenfone Max Plus M2

ASUS Zenfone Max Plus M2

ASUS Zenfone Max Plus M2 mengusung spesifikasi yang serupa dengan Zenfone Max Shot. Hanya saja perbedaanya ada pada sektor kamera utama. Ya, Zenfone Max Plus M2 hanya dibekali dual-camera belakang yang memiliki konfigurasi lensa 12 MP, sensor Sony IMX486 + 5 MP depth sensor serta LED Flash.

Selain itu, Zenfone Max Plus M2 hanya memiliki satu pilihan konfigurasi memori, yakni RAM 3GB dan memori internal 32GB. Sedangkan untuk harganya, Zenfone Max Plus M2 dibanderol seharga RBL 1299 atau sekitar Rp 4,8 jutaan.

Untuk saat ini, ASUS baru menjual Zenfone Max Shot dan Zenfone Max Plus M2 di Brazil. Belum diketahui kapan kedua smartphone ini bakal dijual secara global.