25 February 2019

Nokia 9 PureView Resmi Diperkenalkan, Smartphone Pertama dengan 5 Kamera Belakang


Nokia 9 PureView

Setelah berbulan-bulan menjadi rumor, kini akhirnya HMD Global resmi memperkenalkan Nokia 9 PureView di ajang MWC 2019, Barcelona. Nokia 9 PureView menjadi smartphone pertama yang memiliki lima kamera belakang!

Adapun kelima kamera belakang pada Nokia 9 PureView ini semuanya memiliki lensa beresolusi 12 MP dengan aperture f/1.8 dan sensor Carl ZEISS. Tiga kamera merupakan lensa RGB dan dua lensa lainnya merupakan lensa monochrome.

Desain posisi kelima kamera belakang dari Nokia 9 PureView ini juga unik, disusun secara melingkar yang berdampingan dengan LED Flash dan sensor ToF (Time-of-Flight) untuk efek kedalaman foto.

Nokia 9 PureView

Selain ZEISS, Nokia juga berkolaborasi dengan Light, perusahaan fotografi digital asal Amerika Serikat. Nokia menggunakan chip Lux Capacitor buatan Light untuk mengontrol fungsi kelima kamera Nokia 9 PureView ini.

Kombinasi kelima kamera Nokia 9 PureView ini dapat menghasilkan foto dengan dinamic range yang lebih baik, lebih detail, lebih tajam, low-light yang mengagumkan, dan efek bokeh yang lebih dramatis dengan kemampuan memotret hingga 1200 Layer.

Kamera pada Nokia 9 PureView ini juga dapat menghasilkan gambar berformat RAW, sehingga pengguna dapat "mengotak-atik" gambar sesuai keinginan.

Selain itu, Nokia 9 PureView juga dilengkapi dengan fitur Nokia Pro Camera UI yang memungkinkan untuk melihat penyesuaian kamera secara real-time, seperti menyesuaikan tingkat eksposur. Pengguna pun juga dapat menyesuaikannya secara langsung melalui aplikasi Google Photos.

Sedangkan untuk kamera depannya, Nokia 9 PureView dibekali kamera selfie beresolusi 20 MP.

Dari segi tampilan, Nokia 9 PureView mengusung layar pOLED PureView Display seluas 5,9 inchi beresolusi Quad HD (2880 x 1440 pixel) dengan aspek rasio 18:9. Layar smartphone ini juga memiliki dukungan HDR10 dan tersemat pula sensor fingerprint di dalam layar.

Bodi smartphone ini juga terbuat dari bahan aluminium dan dilapisi pelindung Corning Gorilla Glass 5 dibagian depan dan belakang serta mengantongi sertifikasi IP67 sehingga dapat tahan air dan debu.

Nokia 9 PureView

Untuk menunjang kinerjanya, Nokia 9 PureView ditenagai oleh prosesor Snapdragon 845, GPU Adreno 630, RAM 6GB, memori internal 128GB, OS Android 9.0 Pie murni, dan baterai berkapasitas 3220 mAh dengan dukungan Quick Charge 3.0 melalui USB-Type-C dan Qi Wireless Charging.

Nah, bicara soal harga, HMD Global bakal membanderol Nokia 9 PureView ini dengan harga USD 699 atau sekitar Rp 9,8 jutaan dan akan tersedia dalam warna Midnight Blue. Kabarnya, Nokia 9 PureView ini akan tersedia di pasaran mulai Maret 2019 mendatang.