19 January 2019

Begini Canggihnya Sensor Fingerprint di Dalam Layar yang Dikembangkan Xiaomi


Begini Canggihnya Sensor Fingerprint di Dalam Layar yang Dikembangkan Xiaomi

Teknologi sensor pemindai sidik jari dalam layar (in-display fingerprint) semakin banyak digunakan oleh beberapa vendor pada smartphone besutannya.

Meskipun demikian, beberapa vendor masih tetap mengembangkan teknologi in-display fingerprint ini agar lebih canggih lagi. Salah satunya yaitu Xiaomi.

Beberapa waktu lalu Xiaomi melalui akun Weibo milik co-founder dan presiden Xiaomi, Lin Bin, mengupload video perangkat prototype atau purwarupa dengan sensor fingerprint di dalam layar (in-display fingerprint) yang dia sebut sebagai "Next Generation".

Dalam video tersebut, Lin Bin mengatakan jika sensor fingerprint yang dikembangkan oleh Xiaomi akan menuntaskan dua masalah yang terjadi dalam penerapan teknologi in-display fingerprint ini.

Masalah pertama adalah belum terdapat fitur "one-tap unlocking". Dimana teknologi in-display fingerprint saat ini masih mengharuskan layar smartphone untuk menyala terlebih dahulu agar dapat memindai sidik jari.

Nantinya, berkat teknologi sensor in-display fingerprint dan software yang dikembangkan oleh Xiaomi akan memungkinkan pengguna untuk menggunakan fitur "one-tap unlocking", sehingga pengguna bisa langsung masuk ke homescreen dengan langsung menempelkan jari ke layar tanpa harus menghidupkan layar smartphone terlebih dulu.

Masalah kedua yang muncul adalah area letak sensor fingerprint di dalam layar yang tidak jelas, sehingga kadang membingungkan pengguna.

Menurut Xiaomi, sensor in-display fingerprint baru yang mereka kembangkan akan meningkatkan area aktif sensor seluas 25 mm x 50,2 mm.

Hingga saat ini, belum ada informasi mengenai kapan sensor fingerprint di dalam layar (in-display fingerprint) hasil pengembangan Xiaomi ini akan diterapkan pada smartphone besutannya.

Sejauh ini Xiaomi masih memiliki satu smartphone flagship yang menggunakan teknologi sensor fingerprint di dalam layar (in-display fingerprint) yaitu Xiaomi Mi 8 Explorer Edition. (Baca juga: Xiaomi Mi 8 Resmi Meluncur dengan Layar Berponi, Dual GPS, dan 3D Face Unlock)

Dan berikut ini video demo perangkat prototype dengan sensor fingerprint di dalam layar yang dikembangkan oleh Xiaomi: