15 January 2019

ASUS Zenfone Max M2, Smartphone Gaming Berperforma Handal dengan Harga yang Terjangkau


ASUS Zenfone Max M2

Di penghujung tahun 2018 lalu, ASUS resmi merilis smartphone gaming kelas menengah terbarunya yaitu ASUS Zenfone Max Pro M2 di Indonesia. Smartphone gaming terbaru ini hadir dengan performa yang lebih powerfull dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Zenfone Max Pro M1.

Dan bersamaan dengan Zenfone Max Pro M2, ASUS juga meluncurkan versi regulernya, yaitu ASUS Zenfone Max M2 ZB633KL, sebagai alternatif dari Zenfone Max Pro M2 yang dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau. ASUS Zenfone Max M2 juga merupakan penerus seri Zenfone Max M1.

ASUS Zenfone Max M2 mengusung spesifikasi yang sedikit dibawah Zenfone Max Pro M2. Meskipun demikian, Zenfone Max M2 masih tetap memiliki performa yang handal untuk bermain game maupun digunakan untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Penasaran dengan spesifikasi yang diusung oleh ASUS Zenfone Max M2 ZB633KL ini? Berikut ulasan selengkapnya:

#1. Body dari Bahan Metal, Kokoh, dan Nyaman Digenggam

Body ASUS Zenfone Max M2

Dari segi desain, sebenarnya ASUS Zenfone Max M2 memiliki desain yang tidak berbeda jauh dengan Zenfone Max M1. Body ASUS Zenfone Max M2 terbuat dari bahan metal sehingga membuat smartphone ini terkesan sangat kokoh dan solid.

Selain itu, body Zenfone Max M2 juga cukup tipis dengan ketebalan hanya 7,7 mm dan bobot sekitar 160 gram membuat smartphone ini cukup nyaman untuk digenggam.

ASUS Zenfone Max M2 tersedia dalam tiga pilihan warna yang cukup elegan, yaitu Midnight Black, Space Blue, dan Meteor Silver.

#2. Layar Luas

Layar ASUS Zenfone Max M2

Bermain game akan lebih puas jika didukung dengan smartphone dengan layar yang luas. Ya, ASUS Zenfone Max M2 mengusung layar dengan panel IPS LCD seluas 6,3 inchi beresolusi HD+ (720 x 1520 pixel) serta aspek rasio mencapai 19:9.

Layar ASUS Zenfone Max M2 mengusung desain All-Screen Display dengan screen-to-body ratio sebesar 88% serta memiliki notch yang cukup lebar diatasnya sebagai tempat untuk modul kamera depan, earpiece, dan beberapa sensor lainnya.

Dengan bentang layar seluas itu, tentunya kamu akan lebih leluasa dalam bermain game dan menikmati konten multimedia lainnya, seperti menonton film di ASUS Zenfone Max M2 ini.

Selain itu, layar Zenfone Max M2 ini dibuat dengan desain 2.5D Curved Glass di sisi kiri dan kanan sehingga kesan premium pada smartphone ini begitu terasa.

#3. Performa Handal dengan Prosesor Snapdragon 632

ASUS Zenfone Max M2 SDM632

ASUS Zenfone Max M2 adalah smartphone pertama yang ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 632 Octa-core yang performanya cukup handal untuk memainkan game berkualitas HD.

Sebagai informasi, Snapdragon 632 merupakan prosesor terbaru dari Qualcomm sekaligus versi upgrade dari Snapdragon 625 dan Snapdragon 626.

Snapdragon 632 dibangun dengan arsitektur ARM 14nm yang memiliki konfigurasi CPU 4 Core Kryo 250 Gold dan 4 Core Kryo 250 Silver, dengan clockspeed mencapai 1,8GHz.

Dengan demikian, prosesor Snapdragon 632 memiliki performa 40% lebih tinggi dari Snapdragon 626, lebih responsif, dan lebih hemat daya sehingga perangkat tidak cepat panas.

Performa Snapdragon 632 pada ASUS Zenfone Max M2 juga dipadukan dengan GPU Adreno 506 yang memiliki kinerja grafis 10% lebih baik dari smartphone lainnya yang menggunakan Snapdragon 626.

Tak perlu khawatir akan perangkat jadi nge-lag saat memainkan game HD ataupun banyak aplikasi yang berjalan secara background. Sebab, ASUS Zenfone Max M2 memiliki dua varian kapasitas RAM yang cukup besar, yakni RAM sebesar 3GB atau 4GB.

Selain itu, terdapat pula dua varian kapasitas memori internal, yakni sebesar 32GB atau 64GB.

#4. Baterai Jumbo Berkapasitas 4000 mAh

ASUS Zenfone Max M2 Battery 4000 mAh

Sebagai smartphone ASUS dari seri Zenfone "Max", maka kinerja ASUS Zenfone Max M2 juga ditopang oleh baterai berkapasitas jumbo, yakni sebesar 4000 mAh.

Baterai jumbo dari ASUS Zenfone Max M2 ini diklaim dapat digunakan untuk bermain game selama 8 jam non-stop, memutar video selama 21 jam, berselancar di internet melalui jaringan Wi-Fi selama 12 jam, dan waktu standby hingga 33 hari di jaringan 4G.

Selain itu, ASUS Zenfone Max M2 juga dilengkapi dengan dukungan fast charging, sehingga proses pengisian daya akan lebih cepat meskipun kapasitas baterainya besar.

Dengan didukung dengan kapasitas baterai yang jumbo, pastinya ASUS Zenfone Max M2 sangat cocok digunakan untuk bermain game lebih lama dan mendukung aktivitas seharian penuh.

#5. Menjalankan OS Android Murni (Pure Android)

ASUS Zenfone Max M2 pure Android

Sama seperti Zenfone Max Pro M2, pada ASUS Zenfone Max M2 juga menjalankan OS Android 8.1 Oreo murni (Pure Android).

Sebagai informasi, OS Android murni memiliki banyak sekali kelebihan dibandingkan dengan Android custom yang dibuat oleh vendor.

Performa OS Android murni lebih ringan karena minim kustomisasi serta tidak banyak aplikasi bawaan (bloatware), sehingga kinerja ASUS Zenfone Max M2 dapat lebih cepat, smooth, anti-lag dan pastinya sangat ringan saat digunakan bermain game maupun menikmati konten multimedia lainnya.

Selain itu, Android murni juga akan lebih cepat mendapatkan update sistem operasi dan perbaikan masalah keamanan.

#6. Kemampuan Fotografi yang Mumpuni dengan Dual-Camera Belakang

ASUS Zenfone Max M2 dual-camera

Selain sebagai smartphone gaming, ASUS Zenfone Max M2 juga dibekali dengan kemampuan fotografi yang cukup mumpuni di kelasnya.

ASUS Zenfone Max M2 dibekali dual-camera di bagian belakang yang memiliki konfigurasi lensa utama beresolusi 13 MP dengan aperture f/1.8 dan lensa depth sensor beresolusi 2 MP untuk menghasilkan efek foto bokeh yang dramatis di foto portrait seperti menggunakan kamera profesional.

Dual-camera belakang di ASUS Zenfone Max M2 ini juga dilengkapi dengan fitur PDAF (Phase Detection Auto Focus) untuk kemampuan membidik objek dengan cepat, EIS (Electronic Images Stabilization) untuk meredam guncangan saat merekam video, dan didukung oleh AI Scene Detection yang akan menyajikan hingga 13 type scene foto yang berbeda.

Selain itu, dual-camera belakang ASUS Zenfone Max M2 ini mampu merekam video dengan kualitas hingga 4K UltraHD.

Sedangkan untuk memanjakan pengguna yang hobi selfie, ASUS Zenfone Max M2 dibekali dengan kamera depan beresolusi 8 MP dengan aperture f/2.0 lengkap dengan Softlight LED Flash.

Kamera depan dari ASUS Zenfone Max M2 ini juga terintegrasi fitur keamanan biometrik Face Unlock untuk membuka kunci perangkat dengan deteksi wajah pengguna.

#7. Fitur Pendukung Lainnya

ASUS Zenfone Max M2 triple-slot

Untuk fitur pendukung lainnya, ASUS melengkapi Zenfone Max M2 dengan dukungan triple-slot (2 slot Nano-SIM + 1 slot microSD hingga 2TB). Ada pula port jack audio 3.5 mm dan microUSB 2.0.

Selain Face Unlock, ASUS Zenfone Max M2 juga dilengkapi dengan sistem keamanan tambahan berupa sensor fingerprint yang tersemat di bagian belakang perangkat. ASUS mengklaim jika sensor fingerprint pada Zenfone Max M2 ini mampu membaca sidik jari pengguna dalam waktu kurang dari 0,3 detik untuk membuka kunci smartphone.

Pengalaman bermain game akan jadi lebih menyenangkan di ASUS Zenfone Max M2. Sebab, ASUS melengkapi Zenfone Max M2 dengan lima magnet speaker dengan metal voice coil. Lima magnet speaker tersebut dikontrol oleh teknologi NXP-low distortion smart amplifier agar menghasilkan suara yang lebih jernih dan lebih keras.

#8. Harga yang Terjangkau

Seperti yang telah aku singgung sebelumnya, bahwa ASUS Zenfone Max M2 merupakan varian reguler dari Zenfone Max Pro M2. Hal ini tentu saja ASUS membanderol Zenfone Max M2 dengan harga yang lebih murah dibanding "kakaknya".

ASUS Zenfone Max M2 varian RAM 3GB / memori internal 32GB dibanderol seharga Rp 2.299.000, sedangkan untuk varian RAM 4GB / memori internal 64GB dibanderol seharga Rp 2.699.000.

Kesimpulan

Dibanderol dengan harga di kisaran Rp 2 jutaan, tentu saja ASUS Zenfone Max M2 menjadi pilihan terbaik untuk kamu yang menginginkan smartphone gaming dengan harga yang relatif terjangkau serta memiliki performa yang handal untuk bermain game .

Selain itu, ASUS Zenfone Max M2 juga memiliki desain kekinian dengan layar yang luas sehingga sangat menunjang kemampuan multimedia, khususnya bermain game maupun menonton film.

Dukungan kapasitas baterai yang jumbo pun siap mendukung aktivitas seharian penuh tanpa harus khawatir kehabisan baterai.

Spesifikasi Lengkap ASUS Zenfone Max M2 ZB633KL:
DIMENSI 158,4 x 76,3 x 7,7 mm.
BERAT 160 gram.
LAYAR - All-Screen Display IPS LCD 6,3 inchi.
- HD+ (720 x 1520 pixel), ~269 ppi pixel density.
- aspek rasio 19:9, screen-to-body ratio 88%.
- 10 points multi-touch.
- 2.5D Curved Glass.
PROSESOR Qualcomm Snapdragon 632 (14nm), 64-bit Octa-core (4 x Kryo 250 Gold 1,8GHz & 4 x Kryo 250 Silver 1,8GHz).
GPU Qualcomm Adreno 506.
RAM LPDDR3 3GB / 4GB.
MEMORI INTERNAL eMMC 32GB / 64GB.
SISTEM OPERASI Android 8.1 Oreo murni (Pure Android).
KAMERA BELAKANG - 13 MP, aperture f/1.8, 1.12µm pixel size, PDAF.
- 2 MP, Depth Sensor.
- EIS, LED Flash.
- ASUS PixelMaster 4.0, Portrait Mode, HDR Mode, AI Scene Detection (13 type scene).
- Video 4K UltraHD, Full HD 1080p @30fps, HD 720p @30fps.
KAMERA DEPAN - 8 MP, aperture f/2.0, 1.12µm pixel size.
- Softlight LED Flash.
- Beautify Mode, Selfie Panorama, 9 Various Filters.
- Terintegrasi fitur Face Unlock.
JARINGAN - FDD-LTE (Bands 1, 2, 3, 5, 7, 8, 20).
- TDD-LTE (Band 40).
- WCDMA (Bands 1, 2, 5, 8).
- EDGE/GPRS/GSM (850, 900, 1800, 1900MHz).
SLOT TRAY Triple-slot: 2 slot SIM Card (Dual-Standby) + 1 slot microSD.
- Slot 1: 2G/3G/4G. Type Nano SIM.
- Slot 2: 2G/3G/4G. Type Nano SIM.
- Slot 3: microSD hingga 2TB.
KONEKTIVITAS 4G VoLTE, Bluetooth 4.2, WLAN 802.11 b/g/n, Wi-Fi direct.
NAVIGASI GPS, A-GPS, GLONASS, BDS.
PORT microUSB 2.0, jack audio 3.5 mm.
SENSOR Fingerprint di bagian belakang (0,3 detik untuk buka kunci), Accelerometer, Gyroscope, Proximity, E-Compass, Ambient Light.
FITUR LAIN Google Drive 100GB (gratis 1 tahun), USB On-The-Go, FM radio, 5-magnet speaker with NXP smart amplifier, Dual microphones with ASUS Noise Reduction Technology.
BATERAI - Lithium-Polymer 4000 mAh (non-removable).
- Dukungan fast charging 5V / 2A 10W.
PILIHAN WARNA Midnight Black, Space Blue, Meteor Silver.
HARGA - RAM 3GB / memori internal 32GB : Rp 2.299.000.
- RAM 4GB / memori internal 64GB : Rp 2.699.000.