05 September 2018

Kreatif! Tulisan Tangan Jokowi Dibuat Jadi Font Baru


Font Jekawe

Belum lama ini, seorang Type Designer, Arwan Sutanto berhasil membuat karakter font baru berdasarkan tulisan tangan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau lebih dikenal masyarakat dengan panggilan Jokowi.

Font baru yang dinamakan Font Jekawe ini ternyata sukses mendapat apresiasi dari masyarakat karena memiliki style yang hampir mirip seperti tulisan tangan Jokowi.

Melalui akun Twitternya @arwanOD, Arwan menegaskan bahwa tidak ada muatan politisi atas dirilisnya font Jekawe yang dibuatnya. Pembuatan font ini semata-mata adalah bentuk penghormatan dan penghargaan kepada Presiden Jokowi atas dedikasi dan loyalitasnya dalam memimpin dan membangun Indonesia. Selain itu, Arwan berharap, hasil kreativitasnya ini juga dapat mempersatukan warga Indonesia.

Uniknya, Arwan mendapatkan sumber transkrip tulisan tangan asli Jokowi tidak melalui narasumbernya langsung, melainkan dari hasil pencariannya di Google. Hal tersebut justru menjadikannya sebuah tantangan karena Arwan harus melakukan banyak improvisasi dalam mengolah karakter huruf besar (uppercase), simbol, dan tanda baca (punctuation) berdasarkan referensi dari karakter huruf kecil (lowercase) yang berhasil dikumpulkan.

Font Jekawe

Oleh sebab itu, Arwan berharap agar dapat dimaklumi jika font buatannya tidak sama persis dengan tulisan tangan asli Jokowi. Namun menurut Arwan, ada beberapa huruf dan angka yang menjadi ciri khas dari tulisan Jokowi, yaitu a, b, d, i, m, 2, 5, dan 7.

Dan untuk menambah kesan tulisan tangan yang nyata, font Jekawe ini dilengkapi dengan fitur OpenType agar font dalam tulisan dapat lebih dinamis. Artinya, karakter font pertama dan kedua bisa sedikit berbeda dalam bentuk, ukuran, maupun posisinya.

Untuk lebih jelasnya mengenai fitur OpenType ini, bisa kamu lihat pada gambar animasi dibawah ini:


Fitur OpenType akan aktif secara otomatis jika font digunakan pada sebagian besar program Adobe terutama Adobe Illustrator dan Photoshop serta pada CorelDraw X6 keatas. Sedangkan pada Microsoft Word, fitur ini harus diaktifkan secara manual (tutorianya sudah disediakan di website resmi Locomotype) .

Berikut beberapa preview dari font Jekawe:

Font Jekawe

Font Jekawe

Font Jekawe

Jika kamu tertarik, font Jekawe dapat di download secara gratis di website resmi Locomotype melalui link berikut ini.