31 August 2018

Asyik! Kini Bisa Bikin Stiker dari Foto Selfie Lewat Keyboard Gboard


Minis Gboard

Jika sebelumya Apple telah memiliki Animoji, lalu kemudian disusul oleh Samsung dengan AR Emoji, kali ini giliran Google yang juga tak mau ketinggalan.

Ya, Google juga ikutan membuat fitur pembuatan stiker personal yang mereka beri nama Minis melalui aplikasi keyboard buatannya, yakni Gboard. Fitur Minis bisa ditemukan di bagian stickers di dalam aplikasi keyboard Gboard.

Baca juga: Gboard Resmi Hadir di Android, Keyboard Canggih Buatan Google

Menurut Google, Minis didukung oleh teknologi Machine Learning serta Neural Network untuk mempelajari model wajah pengguna, mulai dari warna kulit, rambut, mata, wajah, hingga kumis bisa terdeteksi. Sehingga nantinya dapat memberikan hasil yang mirip seperti tampilan wajah asli penggunanya.

Minis Gboard

Untuk cara menggunakan Minis di Gboard ini kurang lebih sama seperti AR Emoji milik Samsung, yakni pengguna hanya perlu mengambil foto selfie dan kemudian hasil fotonya dapat langsung dibuat versi kartun sesuai dengan ekspresi yang diinginkan untuk kemudian dijadikan stiker. Selain itu, pengguna juga bisa menyesuaikan tampilan stiker buatannya.

Dan untuk selanjutnya, penggua bisa langsung membagikan stiker buatannya ke berbagai aplikasi pesan instan, seperti WhatsApp, Line, dan lainnya.

Untuk saat ini, update versi terbaru aplikasi Gboard dengan fitur Minis masih baru digulirkan secara bertahap ke sebagian pengguna Android maupun iOS. Jadi, jika aplikasi Gboard di perangkatmu belum kebagian update terbaru, silakan tunggu saja dalam beberapa hari ke depan.