Skip to main content

Xiaomi Redmi 6 dan Redmi 6A Resmi Dirilis, Pakai Prosesor MediaTek dan Harga Mulai dari Rp 1 jutaan


Xiaomi Redmi 6

Xiaomi kembali membuat kejutan dengan resmi merilis smartphone terbarunya yakni Xiaomi Redmi 6 dan Xiaomi Redmi 6A di China. Kedua smartphone tersebut merupakan penerus seri Xiaomi Redmi 5 dengan spesifikasi dan fitur yang menarik, serta harga yang masih sangat terjangkau tentunya.

Baca juga: Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus Resmi Dirilis, Usung Layar Fullscreen dengan Harga Mulai Rp1,6 Jutaan

Lantas, apa saja sih yang ditawarkan oleh kedua smartphone generasi terbaru dari seri Redmi ini? Berikut ulasan singkatnya.

Dari segi desain, baik Xiaomi Redmi 6 maupun Redmi 6A kini hadir dengan desain kekinian. Kedua smartphone ini sama-sama mengusung layar IPS seluas 5,4 inchi beresolusi HD+ (1440 x 720 pixel) serta memiliki aspek rasio 18:9.

Selain itu, Body dari kedua smartphone tersebut juga terbuat dari bahan logam dan tersedia dalam empat pilihan warna, yaitu Platinum Silver Grey, Bali Blue, Rose Gold, dan Quicksand Gold.

Perbedaan dari kedua smartphone tersebut terletak pada konfigurasi hardware dan kameranya.

Xiaomi Redmi 6

Xiaomi Redmi 6

Untuk Redmi 6, smartphone ini ditenagai oleh prosesor MediaTek Helio P22 Octa-core 2 GHz dengan fabrikasi 12 nm. Helio P22 diklaim memiliki performa yang mirip seperti Snapdragon 625 dan mampu menghemat konsumsi daya hingga 48 persen.

Prosesor tersebut dipadukan dengan GPU PowerVR GE8320, RAM 2GB / 3GB, memori internal 16GB / 32GB, OS Android 8.1 Oreo dengan antarmuka MIUI 10, dan baterai berkapasitas 3000 mAh.

Untuk sektor fotografi, Redmi 6 dibekali dengan dual-camera di belakang beresolusi 12 MP + 5 MP serta dilengkapi AI Portrait, dan LED Flash. Sedangkan kamera depannya beresolusi 5 MP dengan aperture f/2.2, AI Portrait dan dilengkapi dengan kemampuan Face Unlock yang memungkinkan pengguna dapat membuka smartphone dengan pemindai wajah.

Redmi 6 juga dilengkapi dengan sensor fingerprint yang tersemat di bagian belakang body perangkat.

Untuk harganya, Redmi 6 varian RAM 2GB / internal 16GB akan dibanderol seharga 799 Yuan atau sekitar Rp 1,7 jutaan. Sedangkan varian RAM 3GB / internal 32GB akan dibanderol seharga 999 Yuan atau sekitar Rp 2,1 jutaan.

Xiaomi Redmi 6A

Xiaomi Redmi 6A

Redmi 6A memiliki spesifikasi hardware yang lebih rendah dibandingkan Redmi 6. Dapur pacu smartphone ini ditopang oleh prosesor MediaTek Helio A22 Quad-core 2.0 GHz dengan fabrikasi 16 nm. Helio A22 diklaim memiliki performa 37 persen lebih unggul dibandingkan dengan Snapdragon 425.

Redmi 6A dibekali dengan RAM 2GB, memori internal 16GB, OS Android 8.1 Oreo dengan antarmuka MIUI 10, dan baterai berkapasitas 3000 mAh. Sayangnya Redmi 6A tidak dilengkapi dengan sensor fingerprint seperti Redmi 6.

Berbeda dengan "saudaranya", Redmi 6A hanya memiliki kamera tunggal di bagian belakang beresolusi 13 MP, PDAF, dan LED Flash. Sedangkan kamera depannya beresolusi 5 MP serta dilengkapi AI Portrait.

Untuk harganya, Redmi 6A bakal dibanderol seharga 599 Yuan atau sekitar Rp 1,3 jutaan.

Kedua smartphone ini akan dijual di China mulai 15 Juni 2018 mendatang. Belum diketahui apakah Xiaomi bakal memboyong kedua smartphone ini untuk negara lainnya, termasuk Indonesia atau tidak. Jadi kita tunggu saja kabar selanjutnya. ;)

UPDATE: Xiaomi Redmi 6 dan Redmi 6A resmi hadir di Indonesia. Baca artikel selengkapnya disini.
Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.