03 May 2018

Opera Touch, Browser yang Tawarkan Kemudahan Pengoperasian dengan Satu Tangan


Opera Touch

Jika kita perhatikan, kebanyakan browser mobile menempatkan semua menu navigasi pada bagian atas layar, sehingga pengguna akan kerepotan jika akan mengaksesnya dengan satu tangan karena sulit dijangkau dengan jempol. Nah, untuk mempermudah hal tersebut, belum lama ini Opera menghadirkan browser mobile terbarunya bernama Opera Touch.

Opera Touch akan memberikan kita kemudahan dalam browsing saat menggunakan smartphone dengan satu tangan. Karena pada umumnya, kita memang lebih sering browsing menggunakan smartphone dengan satu tangan, sementara tangan satunya disibukkan oleh berbagai hal, entah itu membawa barang atau hal lainnya.

Baca juga: Inilah Opera Neon, Sebuah Konsep Baru Browser Masa Depan

Opera Touch memiliki sebuah tombol yang sangat inovatif, bernama Fast Action Button atau FAB. Tombol ini selalu ada di bagian bawah layar dan posisinya sangat dekat dengan jangkauan jempol pengguna.

Jika kamu men-tap tombol tersebut satu kali, maka akan muncul address bar dan kamu bisa mengetikkan alamat situs atau melakukan pencarian. Dan jika kamu men-Tap lalu tahan, maka akan muncul sejumlah icon. Ada icon untuk me-refresh halaman, menutup halaman, ataupun untuk berpindah ke tab lainnya. Semua aktivitas tersebut bisa dilakukan dengan satu jari saja. Untuk fungsi pencarian di web, kamu bisa kata mengetikkan kata kunci pencarian maupun dengan perintah suara dan pemindaian QR code.

Opera Touch

Selain kemudahan dalam pengoperasian dengan satu tangan, keunggulan lain Opera Touch adalah fitur sinkronisasi dengan Opera versi desktop yang oleh Opera disebut dengan istilah Flow. Namun untuk dapat menggunakan fitur Flow, pastikan terlebih dulu browser Opera di desktop sudah di-update ke versi yang terbaru.

Dan untuk menggunakan fitur Flow, kamu hanya perlu memindai QR code yang tampil di browser Opera versi desktop menggunakan smartphone, dan seketika itu juga browser Opera desktop dan Opera Touch akan langsung terhubung dengan sambungan yang aman serta terenkripsi.

Selanjutnya, pengguna bisa mengirimkan berbagai konten seperti tautan sebuah situs, gambar, video, hingga catatan, semuanya bisa disimpan dalam Flow dan akan tersinkronisasi antar perangkat.


O,iya, selain itu, ada pula fitur ad-blocker untuk memblokir iklan dan Cryptocurrency mining protection agar terhindar dari malware penambang mata uang virtual.

Saat ini, browser Opera Touch sudah tersedia untuk pengguna Android dan bisa diunduh secara gratis di Google Play Store. Sedangkan untuk pengguna iOS harus sedikit sabar menunggu, karena versi iOS-nya masih dalam pengembangan dan dijadwalkan akan menyusul dalam waktu dekat.