Apple Perkenalkan iPhone X, Usung Desain Bezel-less dan Berbagai Fitur Mewah


iPhone X

Apple baru saja memperkenalkan smartphone terbarunya yakni iPhone X (dibaca: iPhone Ten) dalam acara Apple Event yang digelar di Steve Jobs Theatre, Apple Park Campus, Cupertino, Amerika Serikat. iPhone X dihadirkan sebagai penanda 10 tahun kiprah Apple di industri smartphone.

iPhone X memiliki desain yang benar-benar berbeda dari seri iPhone sebelumnya. Smartphone ini mengusung desain bezel-less atau bingkai layar yang tipis seperti tren smartphone flagship saat ini. Layar iPhone X ini menggunakan panel jenis OLED seluas 5,8 inchi dan sekaligus menjadi yang pertama kali dipasangkan pada perangkat iPhone.


Layar yang diusung iPhone X ini beresolusi 2436 x 1125 pixel dengan tingkat kerapatan pixel sebesar 456 ppi dan mengusung teknologi Super Retina Display yang diklaim dapat menghasilkan kontras lebih baik serta tingkat akurasi warna lebih tinggi dan beragam.

Body dari iPhone X dibalut material stainless steel dan memiliki sertifikasi IP67 sehingga anti air dan debu. Menariknya, Apple kali ini menghilangkan tombol Home pada iPhone X. Sebagai gantinya, pengguna cukup men-swipe layar keatas untuk bernavigasi.

Untuk fotografi, iPhone X dibekali dengan dual-camera pada bagian belakang yang masing-masing beresolusi 12 MP (lensa wide-angle, aperture f/1.8) + (lensa telephoto, aperture f/2.4), serta didukung oleh dual-OIS, filter IR, Quad-LED True Tone Flash dan lensa kristal safir. Lebih lanjut, kamera iPhone X ini memiliki zoom low-light yang lebih baik dan mampu merekam video beresolusi 4K dengan kecepatan 60 fps dan slow motion Full HD dengan kecepatan 240 fps.

iPhone X

Sedangkan untuk keperluan selfie, iPhone X dibekali kamera depan beresolusi 7 MP serta didukung kamera Infrared, TrueDepth, Flood Iluminator, Dot Projector dan fitur baru bernama Animoji. Fitur ini memungkinkan pengguna bisa mengirim emoji bergerak berdasarkan ekspresi yang sama dengan ekspresi wajah pengguna.

Selain itu, kamera depan di iPhone X ini juga dibekali fitur Face ID sebagai pengganti Touch ID yang merupakan sensor fingerprint khas perangkat iPhone. Fitur Face ID ini berfungsi untuk membuka kunci smartphone dengan cara membaca struktur wajah pengguna melalui dot/titik dari teknologi TrueDepth yang ada di kamera depan dan kemudian akan diproses ke Neural Engine dengan algoritma khusus buatan Apple.

iPhone X

Teknologi Face ID ini diklaim jauh lebih aman dibandingkan Touch ID. Sebab, Face ID bisa membedakan raut wajah asli dengan foto, sehingga tidak mudah tertipu oleh foto wajah. Lebih lanjut, Face ID akan mengenali wajah si pemilik asli dari iPhone X dengan akurat, meski pengguna mengganti gaya rambut, memakai topi ataupun memakai kacamata. Itulah mengapa sistem pembayaran melalui Apple Pay nantinya bisa dilakukan dengan Face ID.

Untuk menunjang performanya, iPhone X menggunakan processor Apple A11 Bionic chip 6-core 64-bit. Processor ini mempunyai performa 25% lebih cepat dari Apple A10, dan 70% lebih cepat untuk digunakan ber-multitasking karena iPhone X menggunakan Apple performance controller generasi ke-2. iPhone X berjalan pada sistem operasi iOS 11 dan memiliki RAM 3 GB serta dua pilihan kapasitas memori internal yakni 64 GB atau 256 GB.

Sayangnya, kapasitas baterai dari iPhone X belum diketahui. Namun kabarnya baterai iPhone X lebih irit 2 jam dari iPhone 7. Selain itu, iPhone X juga telah mendukung teknologi fast charging dan Qi Wireless Charging.

Penasaran dengan harganya? iPhone X akan dibanderol dengan harga USD999 atau sekitar Rp.13 jutaan untuk varian memori internal 64 GB dan USD1149 atau sekitar Rp.15 jutaan untuk varian 256 GB serta tersedia dalam dua pilihan pilihan warna yakni Space Gray dan Silver.

Tahap pre-order smartphone ini mulai dibuka pada 27 Oktober 2017 dan akan dijual di beberapa negara mulai 3 November 2017. Berminat?
Indra DP
Indra DP

Seorang Freelance Graphic Designer dan Blogger. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Sebelumnya
« Sebelumnya
Selanjutnya
Selanjutnya »