Cara Menghapus / Uninstall Avast SafeZone Browser


Baru-baru ini Avast antivirus telah mengembangkan sebuah browser khusus bagi pengguna Avast yang bernama Avast SafeZone Browser. Browser terbaru buatan Avast tersebut diklaim mampu memberikan perlindungan privasi dan keamanan yang lebih baik kepada pengguna sehingga aktivitas browsing di internet akan menjadi lebih aman. Adapun fitur-fitur perlindungan keamanan yang terdapat di dalam Avast SafeZone Browser ini bisa dikatakan cukup lengkap, diantaranya fitur Ad-Block untuk memblokir iklan pada situs, Pay Mode untuk mode perlindungan dalam bertransaksi online, Password Manager untuk menyimpan kata sandi, Video Downloader untuk mendownload video dari Y0utube, Facebook, Instagram dan lainnya, serta masih banyak lagi fitur perlindungan keamanan yang lainnya.

Sebelumnya, Avast SafeZone Browser hanya merupakan salah satu fitur dari Avast antivirus edisi premium saja (Avast versi Pro, Internet Security, dan Premier). Tetapi pada versi terbaru Avast saat ini, Avast akhirnya memutuskan untuk menyertakan Avast SafeZone Browser juga kedalam Avast edisi gratis atau Avast Free antivirus agar kedepannya mendapatkan banyak feedback dari pengguna untuk mengembangkan browser terbaru mereka. Dan dibawah ini tampilan homepage dari Avast SafeZone Browser:

Avast SafeZone Browser

Jika kita lihat, sekilas tampilannya mirip Google Chrome, karena Avast SafeZone Browser ini juga menggunakan engine yang sama seperti Chrome, yaitu engine berbasis Chromium. Namun sayangnya, banyak pengguna justru mengatakan kekecewaannya terhadap keputusan Avast tersebut. Hal ini karena Avast akan otomatis menginstall Avast SafeZone Browser saat proses update ke versi terbaru tanpa adanya pemberitahuan dan konfirmasi terlebih dahulu. (Ini juga telah aku alami sendiri saat mengupdate versi Avast, tiba-tiba browser tersebut muncul di desktop setelah aku merestart PC). Tentunya, hal tersebut mirip seperti cara kerja Malware yang menginstall otomatis. Selain masalah tersebut, menurut Peneliti dari Google Project Zero, Tavis Ormandy, ditemukan celah keamanan yang serius pada Avast SafeZone Browser yang memungkinkan orang lain dapat membaca data pribadi kita, termasuk file, password, cookies, dan lainnya dengan memanfaatkan celah tersebut.

Hal lain yang membuat pengguna Avast semakin bingung adalah tidak adanya pilihan untuk menghapus browser tersebut, sehingga secara tidak langsung memaksa pengguna untuk membiarkan browser tersebut terinstall di komputer mereka. Oleh karena itu, berikut ini aku akan membagikan tutorial cara menghapus / uninstall Avast SafeZone Browser jika kamu sudah terlanjur menginstall browser tersebut:

Pertama, Buka Control Panel lalu pilih menu Programs and Features. Selanjutnya cari program Avast (pada tutorial ini aku menggunakan Avast Free Antivirus), kemudian klik kanan pada program tersebut lalu pilih Change.

Programs and Features

Akan muncul jendela setup Avast, selanjutnya klik tombol Ubah.

Avast

Kemudian hilangkan centang pada pilihan Browser SafeZone. Jika sudah, klik tombol Ubah.

Avast

Tunggu sampai proses pengubahan file sistem selesai.

Avast

Tekan tombol Restart komputer untuk menyelesaikan proses pengubahan.

Avast

Bagaimana? Mudah bukan? Dengan cara diatas sekarang Avast SafeZone Browser telah terhapus dari komputer . Perlu diketahui, masalah browser yang menginstall otomatis ini tidak terjadi pada pengguna yang baru pertama kali menginstall Avast antivirus ini, karena sebelumnya pengguna akan diberikan pilihan komponen mana saja yang ingin diinstall saat proses instalasi berlangsung.
Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »