Tips Membuat Password yang Kuat ala Microsoft


Tips Membuat Password yang Kuat ala Microsoft

     Bagi seseorang yang memiliki akun Email, media sosial dan akun pribadi lainnya, kegiatan membuat password atau kata sandi yang sangat kuat adalah hal pertama yang wajib dilakukan. Karena password adalah gerbang keamanan utama yang sampai saat ini masih digunakan hampir di semua jenis akun. Kita tidak pernah tahu siapa yang memiliki niat buruk pada kita. Mungkin hanya orang yang iseng-iseng saja, atau bisa juga orang yang memang sudah berniat untuk kepentingan pribadi mereka.
     Sebab, jika kita kehilangan akun tentunya akan menjadi malapetaka. Terlebih lagi jika akun kita digunakan oleh orang lain untuk hal-hal yang bersifat merugikan. Oleh karena itu, keamanan sebuah akun akan tergantung juga dari tingkat kekuatan password yang digunakan. Lalu, bagaimana cara membuat password atau kata sandi yang kuat?? Nah kali ini Microsoft akan berbagi sedikit tips tentang bagaimana cara membuat password yang sangat kuat. Berikut ini tipsnya:

#1. Gunakan Karakter yang Panjang

Selalu buat password yang memiliki panjang minimal 8 karakter atau lebih panjang tentu akan semakin lebih baik.

#2. Gunakan Karakter yang Kompleks

Kompleks disini artinya selalu gunakan kombinasi huruf besar atau kecil, simbol, tanda baca dan angka. Atau gunakan tiga kombinasi sekaligus dari berbagai karakter-karakter tersebut. Karena semakin kompleks maka password kamu akan semakin kuat. Contohnya seperti ini Ro3m4Hko3_!$t4N4ko3 (rumahku istanaku) , $3NyuM!2!Nd4h (senyum itu indah) dan lain sebagainya.

Memang, menggunakan kombinasi karakter seperti itu terlihat seperti bahasa "alay" anak zaman sekarang. Hehehe XD, tetapi gaya password seperti ini merupakan kombinasi yang paling aman dan sangat sulit dipecahkan oleh orang lain. Tapi ingat, meskipun password yang kamu gunakan adalah gabungan dari huruf, angka dan juga simbol, lebih baik gunakan kombinasi karakter yang memiliki makna atau sebisa mungkin mudah dibaca agar lebih mudah untuk di ingat.

#3. Hindari Menggunakan Kata yang Sudah Umum

Biasanya kita membuat password dari kata-kata yang sering didengar atau diucapkan. Mungkin ini bertujuan agar lebih simpel dan mudah diingat. Tetapi dengan menggunakan cara tersebut, tentu password kamu akan lebih mudah ditebak oleh orang lain. Oleh sebab itu, sebaiknya jangan gunakan kata-kata umum seperti dibawah ini:
  • Menggunakan kata yang berasal dari data personal kamu. Diantaranya, nama panggilan, tanggal lahir, alamat rumah, nomer telepon dan lain sebagainya.
  • Menggunakan kata-kata yang ada di dalam kamus.
  • Menggunakan kata yang dibalik, akronim atau singkatan dan kata umum lainnya.
  • Mengganti huruf atau kata yang umum digunakan menjadi simbol. Misalnya kata “dan” menjadi simbol “&” dan lain sebagainya.
  • Menggunakan karakter secara berurutan atau berulang-ulang. Contohnya seperti 123456789, 22222222, abcdefgh. Karakter berurutan di keyboard seperti qwertyuiop dan lain sebagainya.
#4. Gunakan Password Yang Berbeda Untuk Setiap Akun

Bagi yang memiliki banyak akun di internet, sangat dianjurkan agar tidak menggunakan satu password untuk semua akun. Hal ini bertujuan untuk menghindari resiko pencurian akun secara beruntun. Karena jika menggunakan password berbeda maka orang lain yang telah mengetahui password kamu di satu akun, tidak akan bisa mengambil akun kamu yang lain dengan menggunakan password yang sama.

#5. Uji Kekuatan Password

Yakin kalau password yang kamu buat sudah benar-benar kuat? Untuk memastikannya coba gunakan tools online gratis dari Microsoft, Yaitu Password Checker. Dan pastikan juga kekuatan password kamu berada ditingkat Very Strong.

Password Checker

#6. Selalu Perbarui Password Kamu Secara Berkala

Ubah password kamu secara berkala, atau setidaknya setiap 3 - 6 bulan sekali. Hal ini untuk mengecoh dan mempersulit orang lain yang mungkin sudah mengetahui password kamu jika mereka ingin membuka kembali akun dengan password yang sebelumnya mereka miliki. Untuk mempermudah mengingatkan kamu mengubah password, buatlah reminder atau pengingat untuk mengubah password di akun-akun penting yang kamu miliki. Diantaranya akun Email, e-banking, media sosial dan lain sebagainya.

Itulah sedikit tips dari Microsoft tentang cara membuat password yang sangat kuat. Perlu diketahui, tips diatas sudah aku tulis kembali dengan beberapa penambahan seperlunya agar dapat lebih mudah untuk dipahami tanpa mengurangi point-point penting didalamnya.

Sumber: Microsoft
Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »