Perbedaan Antara Software dan Aplikasi di Komputer


     Selama ini, kebanyakan orang sama sekali tidak mempermasalahkan dengan menyebut istilah software dan aplikasi sebagai suatu istilah yang tidak ada bedanya. Karena dengan menggunakan dua istilah itu, orang lain yang masih awam, termasuk aku sendiri yang dulu baru pertama kali mengenal komputer, akan menganggapnya jika orang-orang tersebut sangat berpengalaman dan berpengetahuan luas dalam dunia teknologi. Namun, banyak sekali orang yang tidak tahu apa itu software dan aplikasi dalam arti yang sebenarnya.
     Arti istilah software dan aplikasi sebenarnya hampir sama, namun ada perbedaan mendasar yang menjadi suatu pertimbangan pada setiap orang memutuskan untuk menyebutnya apakah itu software ataukah aplikasi. Nah, sebelum aku menjelaskannya lebih jauh, perlu kamu ketahui bahwa sebenarnya aplikasi adalah bagian dari software. Jadi, istilah software mempunyai arti yang lebih luas.

Perbedaan Antara Software dan Aplikasi di Komputer

Perbedaan Antara Software dan Aplikasi

     Software adalah perangkat lunak yang bekerja pada suatu sistem untuk mengolah berbagai data dalam bentuk digital yang kemudian memprosesnya sebelum di kirimkan ke perangkat yang lain. Software juga mengacu pada suatu program atau berbagai data yang tersimpan di komputer. Hal tersebut dapat didefinisikan sebagai seperangkat program, prosedur dan algoritma yang penggunaannya berkaitan erat dengan sistem pengolahan data.
     Hal ini untuk menciptakan sebuah GUI (Graphic User Interface) atau tampilan antar muka dimana pengguna dapat berinteraksi dengan hardware atau perangka keras, seperti Keyboard, Mouse, Printer dan lain sebagainya serta berbagai aplikasi lain di dalamnya. Software sendiri dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu perangkat lunak tertulis, perangkat lunak suatu aplikasi dan juga perangkat lunak ber-platform contohnya seperti OS (Operating System) atau sistem operasi Windows, Linux dan lain sebagainya. Software berfungsi untuk mengolah suatu perintah yang dikehendaki oleh penggunanya yang bersifat menyeluruh dalam suatu sistem komputer.
     Jadi bisa dikatakan, Software merupakan sebuah program yang wajib dimiliki dalam sebuah komputer. Tanpa adanya software, maka seluruh sistem tidak akan berfungsi. Biasanya, software memiliki ukuran file yang sangat besar, mulai ratusan MB (MegaByte) bahkan hingga sampai beberapa GB (GigaByte). Sedangkan untuk proses installasinya membutuhkan waktu yang lumayan lama serta sedikit ribet. Dan untuk harganya, software dijual relatif lebih mahal dibandingkan dengan aplikasi.

     Sementara aplikasi atau sekarang juga biasa dikenal sebagai Apps merupakan bagian dari sebuah software. Aplikasi dirancang lebih spesifik dan berinteraksi langsung dengan suatu pekerjaan penggunanya. Serta aplikasi bisa hanya diciptakan secara khusus untuk sistem operasi tertentu maupun juga untuk semua sistem operasi atau biasa disebut dengan Cross-Platform. Aplikasi sendiri berfungsi membantu memudahkan pengguna untuk melakukan berbagai tugas di komputer. Misalnya saja, kamu bekerja di bagian desain grafis maka kamu pasti akan membutuhkan sebuah aplikasi pengolah grafis Seperti CorelDRAW, Adobe Photoshop, Adobe Illustrator dan lain sebagainya.
     Jadi, aplikasi tidak diharuskan atau diwajibkan ada dalam sebuah komputer, mengingat fungsinya hanya untuk membantu suatu pekerjaan saja. Biasanya aplikasi memiliki ukuran file yang relatif lebih kecil, hanya beberapa MB saja. Sedangkan untuk proses installasinya, membutuhkan waktu yang relatif singkat dan cepat. Dan untuk harganya, aplikasi dijual lebih murah dibandingkan dengan software.

     Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa perbedaan antara software dan aplikasi terletak di bagaimana fungsinya, cara installasi, ukuran file, bahkan harganya. Atau bisa dikatakan juga software belum tentu aplikasi, tetapi aplikasi sudah pasti software.

Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »