Tips Untuk Mengurangi Bahaya Radiasi Handphone


Tips Untuk Mengurangi Bahaya Radiasi Handphone

    Di era kemajuan teknologi saat ini keberadaan dari handphone atau ponsel hampir tidak bisa dipisahkan dari kegiatan sehari-hari seseorang. Sekarang handphone tidak hanya digunakan sebagai media komunikasi saja, tetapi juga digunakan sebagai perangkat untuk media hiburan seperti mendengarkan musik, browsing di internet ataupun hanya sekedar bermain game. Dengan berbagai fitur-fitur yang menarik didalamnya, maka tidak jarang sekarang banyak orang yang mengalami ketergantungan handphone. Terlebih lagi saat ini juga banyak sekali ponsel pintar atau biasa disebut dengan smartphone yang dijual dengan harga yang sangat terjangkau sampai harga yang sangat mahal.
    Namun, tahukah kamu? Dibalik berbagai kemudahan yang diberikan, ternyata handphone juga memberi dampak yang buruk bagi kesehatan penggunanya. Salah satu dampak diakibatkan dari radiasi handphone yaitu dapat merusak sistem jaringan otak. Beberapa studi dan penelitian dari WHO juga mengatakan bahwa radiasi handphone terbukti secara ilmiah dapat mengeringkan otak, yang lambat laun kerusakan terjadi pada membran otak yang kemudian akan memicu terjadinya kanker otak. Dan berbagai masalah psikis lainnya yang disebabkan oleh radiasi handphone. Hmmm,, ngeri juga ya :3 Oleh sebab itu, sebelum hal tersebut terjadi (semoga tidak akan pernah) kali ini aku akan membagikan beberapa tips untuk mengurangi bahaya radiasi handphone.

#1. Gunakan Headset atau Loudspeaker Saat Menelepon

Selalu gunakan headset atau loudspeaker setiap kali kamu akan menelepon dalam waktu yang lama. Hal ini untuk memberi jarak agar handphone tidak terlalu dekat dengan otak. Karana pada saat menelepon, radiasi pada handphone akan menjadi sangat besar. Jika jarak handphone dengan kepala seringkali berdekatan langsung, maka lambat laun akan berdampak buruk pada otak. Untuk mengatasi hal tersebut, maka sebaiknya gunakan headset atau bisa dengan meningkatkan suara pada loudspeaker handphone. Meskipun efek radiasi itu tetap ada namun penggunaan headset atau loudspeaker mampu mengurangi efek radiasi secara langsung.

#2. Jangan Gunakan Handphone Jika Sinyal Lemah

Ini biasanya sering kita hadapi ketika berada di wilayah pedesaan. Sinyal handphone akan sering lemah atau bahkan hilang sama sekali. Jika hal itu terjadi, sebaiknya kamu jangan menggunakan handphone dulu. Karena saat handphone tidak bisa menerima sinyal yang cukup, perangkat tersebut akan berusaha dengan keras untuk tetap mencari sinyal dari menara pemancar atau Base Transceiver Station (BTS). Hal itulah yang akan lebih banyak mengeluarkan emisi dan menyebabkan efek radiasi menjadi cukup tinggi. Tidak hanya itu saja, handphone yang terlalu lama berusaha mencari sinyal juga hanya akan lebih cepat menghabiskan daya baterai.

#3. Gunakan Fitur Mode Terbang (Flight Mode) Pada Handphone

Kebanyakan handphone model terbaru sudah dilengkapi dengan fitur mode terbang atau flight mode. Fitur ini pada umumnya digunakan saat berada dalam perjalanan di pesawat terbang. Karena dengan menggunakan fitur ini maka otomatis akan menonaktifkan sinyal jaringan, baik jaringan masuk ataupun keluar dan jaringan data sehingga tidak mengganggu kinerja sistem navigasi dan komunikasi pesawat terbang.
Kamu juga bisa menggunakan fitur ini meskipun tidak berada didalam pesawat terbang. Yaitu pada saat melakukan berbagai kegiatan yang tidak membutuhkan jaringan, seperti menonton video secara offline, mendengarkan musik, bermain game ataupun pada saat sinyal handphone sering lemah. Cara ini juga jadi salah satu langkah yang paling tepat untuk mengurangi radiasi handphone.

#4. Nonaktifkan Handphone Jika Tidak Dibutuhkan

Jika memang saat handphone sudah tidak digunakan. Sebaiknya kamu bisa menonaktifkannya, agar aktivitas jaringan tidak bekerja dan efek radiasinya pun tidak akan terpancar. Hal ini dapat kamu lakukan saat kamu sedang melakukan aktivitas yang membutuhkan daya kosentrasi yang tinggi atau ketika hendak tidur. Tidur dengan meletakkan handphone yang masih aktif di samping tubuh dapat berakibat buruk. Karena tanpa kamu sadari efek radiasi dari handphone akan terus mengenai tubuh.

Itulah beberapa tips untuk mengurangi bahaya radiasi handphone. Meskipun efek radiasi tersebut tidak akan berdampak secara langsung, tapi setidaknya kita bisa meminimalisir kemungkinan hal buruk yang mungkin akan terjadi. Dan lebih bijak lagi dalam menggunakan handphone di kegiatan kita sehari-hari.
Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »