Inilah 6 fitur Canggih Android M yang Dibanggakan Google


   Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, Google telah resmi memperkenalkan sistem operasi Android terbaru dalam acara Google I/O 2015, yaitu Android M. Pihak Google mengklaim bahwa Android M sebagai versi Android yang paling lengkap dan "perkasa". Saat ini, Android M versi Developer Preview untuk para developer kini sudah tersedia untuk di ujicoba. Dan tampilan dari Android M ini juga telah diperlihatkan oleh Google. (Baca juga: Seperti Inilah Tampilan Android M Developer Preview)

'Android M

   Ratusan pengembangan diberikan pada OS Android terbaru ini yang akan siap dirilis akhir tahun ini. Dan diantara ratusan fitur baru yang telah diterapkan, ada 6 fitur utama yang dibanggakan oleh Google. Apa saja fitur unggulan di Android M ? Berikut ini ulasannya:

#1. Native Fingerprint Authentication (Pemindai Sidik Jari)

Native Fingerprint Authentication

Pada artikel sebelumnya, sempat beredar rumor bahwa Android M akan dibekali fitur Native Fingerprint Authentication (Pemindai Sidik Jari). Dan kini rumor tersebut memang telah benar-benar menjadi kenyataan. Ya, Android M akan dibekali fitur pemindai sidik jari secara native. Melalui Android M, Google membuat sebuah standar yang akan membuat semua perangkat Android memberikan fungsi pemindai sidik jari yang sama.
Fitur pemindai sidik jari Android M bisa dipakai untuk mengonfirmasi pembelian secara online, pembayaran melalui Android Pay ataupun juga fungsi pengamanan aplikasi lain, mirip dengan fitur TouchID yang dimiliki oleh iPhone. Selain untuk mengamankan perangkat Android, para developer kini juga bisa membuat aplikasi dengan memanfaatkan fitur ini sebagai fitur pengaman tambahan.

#2. Android Pay

Android Pay

Google memperkenalan aplikasi pembayaran online terbaru mereka bernama Android Pay, yang juga akan hadir di Android M. Aplikasi ini hampir mirip dengan Apple Pay yang ada di iPhone. Android Pay merupakan layanan Google Wallet yang telah diperbarui dan disempurnakan lagi, serta diklaim lebih aman daripada sistem pembayaran online lain karena nomor kartu "virtual" hanya akan dibuat saat transaksi dilakukan, sehingga tidak bisa dipalsukan atau dieksploitasi. Bahkan, untuk memverifikasi pembayaran, Android Pay juga didukung fitur pemindai sidik jari dan teknologi NFC (near field connection). 

#3. Google Now Semakin Cerdas

Google Now on Tap

Digital assistant Google Now di Android M kini semakin cerdas dan juga semakin mengerti penggunanya. Apa yang pengguna butuhkan akan langsung disediakan dengan cerdas oleh Google Now. dan semakin terintegrasi dengan aplikasi lainnya. Tidak hanya itu saja, terdapat fitur baru di Google Now yaitu "Now on Tap". Fitur ini memungkinkan Google Now lebih mengenal konteks perintah dan aplikasi yang ada di smartphone.
Misalkan saja, saat kamu sedang mendengarkan musik kemudian mengaktifkan Google Now (dengan menekan tombol Home beberapa saat) lalu kamu menanyakan siapa penyanyi atau lagunya, Google Now akan langsung melakukan pencarian dengan menganalisa lagu tersebut dan memberikan segala informasinya.

#4. App Permissions (Perizinan Aplikasi) Telah Disempurnakan

App Permissions Android M

Di versi Android sebelumnya, perizinan aplikasi hanya muncul di awal saja. Contohnya, Saat menginstall sebuah aplikasi dari Google Play Store, pasti akan muncul notifikasi yang menampilkan daftar perizinan hal-hal apa saja yang bisa dilakukan oleh aplikasi tersebut, misalnya membutuhkan akses microfon atau kamera. Namun kini pada Android M, aplikasi terlebih dahulu diharuskan meminta izin setiap akan mengakses aplikasi ataupun bagian penting di smartphone. Dengan begitu, resiko peretasan atau eksploitasi smartphone melalui aplikasi berbahaya bisa dicegah.

#5. Doze

Doze Android M

Jika sebelumnya di Android Lollipop Google memperkenalkan project Volta, maka sekarang di Android M Google memperkenalkan inovasi terbarunya yang bernama Doze. Doze adalah sebuah sistem penghemat daya baterai yang akan membuat smartphone berada dalam keadaan hampir "mati suri" saat smartphone tidak lagi digunakan atau idle. Misalnya, saat smartphone ditaruh di meja karena penggunanya sedang sibuk bekerja atau tidur. Sehingga penggunaan baterai akan menjadi lebih irit dan umur baterai saat smartphone standby diklaim meningkat dua kali dibandingkan saat kamu menggunakan Android versi sebelumnya.

#6. Integrasi Browser Google Chrome Dengan Aplikasi Melalui Chrome Custom Tab

Chrome Custom Tab

Pada Android M, semua browser yang terinstall di dalam aplikasi pihak ketiga adalah Google Chrome. Jadi, jika saat membuka link pada aplikasi tersebut, maka secara otomatis membuka aplikasi browser Google Chrome secara terpisah di jendela yang berbeda namun dengan tampilan halaman yang menyesuaikan aplikasi tersebut. Integrasi browser Google Chrome pada semua aplikasi juga memungkinkan "pre-fetch content" meski pengguna belum membuka link tersebut. Jadi, proses loading halaman browser akan semakin cepat.

Itulah 6 fitur canggih Android M. yang menjadi kebanggaan Google. Manakah diantara keenam fitur tersebut yang sangat ingin kamu coba??
Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »