Asus Chromebit: Komputer Sebesar Flashdisk Buatan Google


Asus Chromebit

   Perkembangan teknologi saat ini semakin canggih saja, Demikian pula perkembangan dimensi komputer yang semakin hari semakin mengecil. Kali ini perusahaan raksasa pencarian Google yang bekerja sama dengan Asus, membuat sebuah perangkat komputer yang bernama Asus Chromebit.
   Chromebit adalah komputer mini yang sengaja dirancang agar berukuran sekecil mungkin sehingga bisa "mengubah" TV atau monitor apapun menjadi komputer dengan ditancapkan ke port HDMI.
   Ukuran dari Chromebit ini hanya sedikit lebih besar dibanding sebuah Flashdisk, bahkan jika dilihat lagi lebih mirip desain dari Flashdisk. Namun perangkat ini punya performa komputasi yang lumayan. Chromebit menggunakan sistem operasi Chrome OS ini ditenagai dengan prosesor Rockchip, RAM 2GB, Wi-Fi 802.11ac, Bluetooth 4.0, port USB 2.0 serta memori internal 16 GB. Untuk fasilitas keyboard dan mouse, Chromebit bisa dikoneksikan melalui Bluetooth.

Asus Chromebit

Asus Chromebit

   Akan tetapi, diperkirakan Chromebit tidak akan sekuat desktop PC pada umumnya. Karena pada dasarnya Chrome OS adalah sebuah sistem operasi yang berbasis pada browser Google Chrome. Aplikasi yang bisa dijalankan pun masih sebatas pada aplikasi yang tersedia di Chrome Web Store.
   Namun ke depannya, aplikasi untuk Android juga bakal bisa dijalankan dengan mudah diperangkat Chrome OS ini. Hal ini dikarenakan Google telah merilis App Runtime for Chrome, tapi masih dalam versi beta. Dengan App Runtime ini, memungkinkan para developer aplikasi untuk memporting aplikasi Androidnya ke Chrome OS. Untuk masalah harga, Asus Chromebit rencananya bakal dibanderol  $100 USD atau sekitar Rp. 1,3 juta dan akan mulai dijual sekitar pertengahan tahun 2015 nanti.

Sumber: Dikutip dari berbagai sumber

Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »