Tips Agar Laptop Tidak Mengalami Overheat


overheat

   Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pengguna komputer ataupun juga laptop adalah terjadinya overheat. Nah, bagi kamu yang sudah lama menggunakan komputer atau laptop pasti tidak asing lagi dengan masalah yang satu ini. Overheat adalah suatu kondisi dimana suhu komputer dalam keadaan panas yang berlebihan.
   Overheat yang ditimbulkan dari panas ini cukup berbahaya, sehingga dapat mengakibatkan kinerja komputer menjadi lambat, sering hang, komputer restart sendiri, komputer menjadi BSOD (Blue Screen Of Dead), bahkan yang lebih parahnya lagi dapat merusak mainboard bahkan semua komponen didalam komputer tersebut.
   Pada komputer atau PC, masalah overheat ini memang sangat jarang terjadi. Kalaupun terjadi, masalah ini bisa diatasi dengan membuka casing, membersihkan heatsink, menambah kipas, dan lain-lain untuk membantu menurunkan suhu yang berlebihan. Dan untuk laptop, masalah ini sangat sering kita hadapi. Bahkan kebiasaan yang dianggap remeh pun dapat juga menjadi penyebab dari overheat. Diantaranya: Menutup ruang sirkulasi udara, Meletakkan laptop ditempat yang empuk. Seperti sofa dan kasur atau tempat tidur, Membuka banyak program atau aplikasi secara bersamaan (Multitasking). Dan lain-lain.
Untuk itu, kali ini aku akan berbagi tips bagaimana cara agar laptop tidak mengalami overheat.

#1. Jangan Gunakan Laptop di Atas Permukaan yang Empuk

Ini kebiasaan yang salah dan sering dilakukan. Biasanya para pengguna laptop sering menggunakan laptop di atas tempat-tempat yang empuk. Contohnya di kasur atau tempat tidur. Akan tetapi permukaan yang empuk dapat menyumbat lubang saluran sirkulasi udara menjadikan suhu laptop akan meningkat.
Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan laptop pada tempat yang memiliki bidang datar dan ruang yang cukup agar sirkulasi udara dari laptop menjadi lancar. Dan jika memungkinkan, gunakan cooling pad (kipas pendingin tambahan) pada bagian bawahnya sehingga ada aliran udara tambahan yang dihembuskan pada laptop, sehingga laptop menjadi dingin dan laptop pun akan berumur lebih lama.

#2. Jangan Membuka Banyak Program atau Aplikasi Secara Bersamaan (Multitasking)

Jika kamu bekerja dengan komputer ataupun juga laptop. Pasti sering melakukan hal ini untuk mempercepat pekerjaan kamu. Perlu kamu ketahui, membuka banyak program atau aplikasi secara bersamaan apalagi membuka program yang berat-berat, contohnya seperti Adobe Photoshop, Adobe Premiere, CorelDRAW dan lain-lain juga dapat mengakibatkan overheat. Karena prosessor dan RAM akan bekerja lebih ekstra. Dan akhirnya laptop pun akan lebih cepat panas. Oleh sebab itu, sebaiknya hanya buka program atau aplikasi yang memang benar-benar kamu perlukan saja.

#3. Jangan Terlalu Banyak Menghubungkan Perangkat USB Ke Laptop

Menghubungkan perangkat USB yang secara berlebihan terhubung ke laptop seperti HDD eksternal, Flashdisk, USB Modem dan lain-lain juga dapat mengakibatkan overheat. Meskipun hal ini sangat jarang terjadi, tapi alangkah baiknya bila kamu mencabut perangkat USB tersebut jika memang sudah tidak diperlukan.

#4. Jangan Terlalu Lama Bermain Game di Laptop

Kegiatan bermain game adalah salah satu hal yang paling menyenangkan untuk dilakukan, akan tetapi memainkan game dengan tingkat resolusi yang tinggi dan dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan panas yang berlebihan pada laptop.
Karena prosesor, graphic card dan RAM akan bekerja lebih berat dalam waktu lama dan akan membuat suhu komponen tersebut naik. Oleh sebab itu, jangan terlalu lama bermain game. Jika ingin laptop kamu berumur lebih lama.

#5. Jangan Menginstall Software atau Aplikasi yang Tidak Sesuai Dengan Spesifikasi Laptop.

Jika kamu ingin menginstall software atau aplikasi, sebaiknya kamu sesuaikan dulu spesifikasi laptop yang kamu miliki dengan baik, kemudian pilih software atau aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi tersebut. Dan juga perhatikan spesifikasi minimal yang diperlukan jika ingin menginstall software atau aplikasi yang berat.
Baca Juga:
Tips Sebelum Mendownload Software di Internet
Cara Menginstall Software dengan Baik dan Benar

Perlu kamu ketahui, penggunaan software atau aplikasi yang tidak sesuai dengan spesifikasi tidak akan berjalan dengan optimal dan hanya menambah beban pada komputer.

#6. Selalu Jaga Kebersihan Laptop

Debu yang semakin menumpuk pada laptop juga dapat menyumbat lubang saluran sirkulasi udara. Akibatnya, laptop menjadi cepat panas. Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan laptop kamu.
Juga bersihkan seluruh komponen yang di dalam laptop dari debu yang menempel dan mengganti thermal pasta CPU. Tapi ingat, jika kamu tidak ahli dalam bongkar pasang laptop, kamu bisa bawa laptop kamu ke service center terdekat untuk melakukan hal ini.

Itulah beberapa tips agar laptop tidak mengalami overheat. Jika kamu mempunyai tips yang lain, bisa kamu tambahkan di kolom komentar.

Semoga bermanfaat...
Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »