Cara Meningkatkan Ruang Harddisk di Windows



Harddisk

  Apakah kamu pernah merasa jika kapasitas ruang harddisk atau space harddisk pada komputer ( terutama pada drive C tempat dimana seluruh system  terinstall ) semakin lama semakin berkurang ??. Padahal sebelumnya kapasitas ruang harddisk kamu lumayan besar. Hal ini disebabkan karena banyaknya aplikasi baru yang diinstall di komputer maupun laptop, juga semakin banyaknya file-file sampah atau junk file dan file sementara atau temporary file.
  Dengan penuhnya drive tersebut akan dapat menyebabkan turunnya kinerja komputer kamu, dan Windows akan berjalan semakin lambat. Nah untuk mengatasi hal ini, aku aku membagikan tips untuk meningkatkan atau menambah ruang kosong harddisk di komputer kamu.

Cara #1: Gunakan Disk Cleanup


  Disk Cleanup adalah tool utility yang ada di Windows yang dapat menghapus file-file sementara atau temporary file dan data tidak penting lainnya.
Untuk menggunakannya, klik kanan pada drive di komputer kamu dan pilih Properties.
Setelah itu buka tab General dan pilih Disk Cleanup.



 Properties Windows

Kemudian beri tanda centang pada file yang ingin dihapus pada tab Disk Cleanup, jika sudah lalu klik OK.

Disk Cleanup Windows

Cara #2: Uninstall program atau aplikasi
 
  Uninstall program atau aplikasi yang tidak penting, karena hal itu akan dapat melonggarkan ruang harddisk kamu, terutama untuk software yang berukuran besar yang jarang atau tidak pernah kamu gunakan. Dengan melalui Programs and Features di Control Panel.



Program and Features Windows

Cara #3: Gunakan software untuk menghapus file-file sampah dan temporary file

Sebenarnya, Windows Disk Cleanup dapat menghapus file sementara atau temporary file, namun tidak semua temporary file dapat dihapus. Contohnya saja cache pada Firefox atau Google Chrome yang dapat memakan ruang harddisk kamu. Nah, untuk menghapusnya, kamu dapat menggunakan software CCleaner.



CCleaner

Cara #4: Mengatur kapasitas penyimpanan System Restore

  Meskipun System Restore juga mempunyai ukuran volume penyimpanan yang cukup besar, namun sebaiknya kamu jangan menghapus restore point ini karena System Restore sangat berguna untuk mengembalikan system Windows jika terjadi error. Tetapi kita dapat dapat mengendalikan kapasitas yang digunakan untuk penyimpanan  System Restore. Untuk dapat mengatur kapasitas ruang System Restore,

Buka System Properties, dengan cara klik kanan pada Computer pilih Properties.

Cara Meningkatkan Ruang Harddisk di Windows

Kemudian pada Task Pane, pilih System Protection,

System Properties

Pilih disk C dan klik Configure..

System Restore Windows 7

 Lalu atur ruang penyimpanan untuk System Restore. 

Sistem Restore Windows 7

Nah,, demikian cara untuk meningkatkan ruang harddisk pada komputer. Jika kamu mempunyai tips yang lain. Dapat kamu tinggalkan komentar di kolom komentar.

Semoga bermanfaat…


Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »